Mau Motor Sport Fairing Awet? Berikut Bocoran Cara Merawatnya

Mau Motor Sport Fairing Awet? Berikut Bocoran Cara Merawatnya

 

Motor sport fairing menjadi salah satu segmen yang dihadirkan pabrikan motor di Indonesia. Segmen tersebut pun diramaikan dengan berbagai macam pilihan kapasitas mesin, mulai dari 150 cc hingga 1.000 cc. Nah, agar tetap awet, bagaimana cara merawat motor sport fairing?

Riyadi Prihantono selaku Manager After Sales Service CS Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pun memberikan beberapa tipsnya. Selain menjaga performa agar tetap optimal, perawatan berkala pada motor sport fairing juga bisa membuat tampilannya kinclong.

   Baca Juga: Marc Marquez: Motivasi Saya Lebih Kuat dari Sebelumnya

Lalu, apa saja hal-hal yang bisa dilakukan pemilik motor agar kendaraannya tetap terjaga dengan baik?

Riyadi mengatakan hal pertama adalah memanaskan mesin motor. Cara ini bisa dilakukan secara rutin selama 5 sampai 10 menit guna membuat komponen di dalam mesin terlumasi serta bekerja secara optimal. Selain itu, periksa juga level ketinggian cairan pendingin di reservoir serta kemungkinan dari adanya kebocoran.

Yamaha R25

Lebih lanjut, periksa ketinggian level minyak rem melalui indikator pada master rem dan juga ketebalan kampas rem depan serta belakang lewat indikator keausan kampas rem. Bersihkan pula kampas rem dari oli, pelumas, dan serbuk kampas rem pada permukaan rem serta komponen sekitarnya. Kemudian, cek gerak bebas tuas kopling dan setel jika diperlukan.

Perawatan selanjutnya bersihkan dan lumasi rantai serta periksa kekencangan rantai. Gunakan juga produk pelumas rantai yang disarankan. Langkah berikutnya adalah memeriksa kondisi ban dan tegangan aki.

Yamaha R7 2021

Terakhir yang tak kalah penting, bagian fairing sebaiknya dibersihkan secara berkala agar tampilannya tetap kinclong. Apalagi jika motor baru saja digunakan saat musim hujan. Jika tidak tepat membersihkannya, maka dapat merusak fairing. Gunakan kain lembut yang bersih atau spons dengan air untuk membersihkan bahan plastik. Bisa juga menggunakan deterjen ringan yang diencerkan dengan air, lalu dibilas.

   Baca Juga: CBR250RR Disegarkan, Intip Harga Baru YZF-R25 dan Ninja 250

Untuk model berwarna matte, jangan membersihkannya dengan sikat, produk kimia keras, atau senyawa pembersih karena dapat menggores atau merusak permukaannya. Tak hanya itu, bahan wax juga disarankan untuk tidak digunakan.

"Pecinta motor sport fairing perlu memperhatikan sejumlah hal penting dalam merawat motornya. Diperlukan pengecekan komponen-komponen secara menyeluruh agar penggunaannya optimal, termasuk pada bagian fairing itu sendiri. Untuk itu kami menyediakan langkah-langkah perawatan motor sport fairing yang dapat dimanfaatkan oleh konsumen," jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima OtoRider.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id