Mengetahui Perbedaan Camshaft Racing Tipe S, T, dan R

Mengetahui Perbedaan Camshaft Racing Tipe S, T, dan R

Camshaft atau noken as memiliki fungsi mengatur waktu bukaan klep untuk memasukkan bahan bakar dan mengeluarkan sisa pembakaran. Komponen yang satu ini kerap menjadi perbincangan ketika ingin meningkatkan performa motor. Di Indonesia sendiri banyak camshaft racing aftermarket yang ditawarkan, salah satunya oleh Bintang Racing Team (BRT).

Thomas William selaku Tuner dari bengkel Reisen Motoshop menyebutkan camshaft racing dari BRT memiliki tiga tipe, yakni S, T, dan R. Ketiga tipe camshaft ini memiliki performa yang berbeda-beda. Selain itu ketiganya juga tidak bisa dipakai sembarangan, perlu mengetahui spesifikasi motor sebelum memilihnya.

Noken As BRT

"Kalau tipe S, itu biasanya dipakai untuk motor standar. Dalam artian tidak bore-up, tidak ganti ECU (Electronic Control Unit), nah dia pakainya tipe S. Ya tipe S ini bisa dipakai sampai pada motor yang sudah porting dan kirian ya pakai tipe ini saja," pungkas William ketika ditemui OtoRider di Bekasi beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Tips Pilih Ban Motor untuk Harian, Perhatikan Dua Hal Ini!

Sementara itu di tipe T disebutkannya untuk motor yang sudah melakukan tune-up. William menyebutkan biasanya tipe ini digunakan jika motor sudah ganti ECU, porting, naik kompresi, hingga bore-up. Menurutnya tipe T ini merupakan versi ekonomis untuk spesifikasi motor yang sudah melakukan bore-up.

Yamaha Aerox Bore Up

"Versi ekonomis kalau bisa dibilang, karena tidak perlu ganti per klep, tidak perlu coak-coak piston, dan lain-lain. Pokoknya tipe T itu buat sampai tipe bore-up yang tidak mau ribet. Versi ekonomis karena lift-nya tidak terlalu tinggi," lanjutnya.

   Baca Juga: Pickers Store Custom XSR 155 Agar Kian Nyaman serta Fungsional Diajak Bertualang

Terakhir adalah tipe R. William menjelaskan pada tipe R untuk para pengguna motor yang mengincar tenaga lebih. Hanya saja camshaft tipe ini membutuhkan dana yang lebih besar. Karena harus mengganti per klep dan menyesuaikan bentuk piston.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id