Motor Honda Dibekali Teknologi PGM-FI, Ternyata Ini Keunggulannya

Motor Honda Dibekali Teknologi PGM-FI, Ternyata Ini Keunggulannya

 

Teknologi Programmed Fuel Injection (PGM-FI) kini telah digunakan pada jajaran motor baru Honda. Teknologi ini diklaim dikembangkan guna menegaskan keseriusan Honda menciptakan kendaraan yang mampu menjaga kualitas udara lebih bersih. Lantas, apa keunggulan dari teknologi PGM-FI ini?

Wahyu selaku Instruktur Technical Service Function (TSF) Main Dealer motor Honda Jakarta Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS) pun memberikan penjelasan. Menurutnya, teknologi ini berdampak pada beberapa faktor mulai dari performa, konsumsi bahan bakar, dan perawatan.

   Baca Juga: Berkenalan dengan Teknologi PGM-FI di Motor Honda, Yakin Sudah Tahu?

"Tidak hanya irit, PGM-FI ini juga mudah perawatan dan semakin smart karena ditopang dengan deteksi kerusakan internal pada sistem PGM-FI. Kini perawatan dan deteksi gangguan semakin mudah dan tentunya presisi dalam penanganan perbaikan," kata Wahyu melalui keterangan tertulis yang diterima OtoRider.

Lampu indikator injeksi atau check engine honda beat

Secara singkat Wahyu menggambarkan sistem PGM-FI yang di antaranya terdiri dari Sensor Throttle Position, Air temperature, Intake Pressure, Engine Temperature, Engine Speed, Exhaust Gas O2, dan Concentration diteruskan pada ECM Control (Ignition Timing, Fuel Injection Timing, Fuel Quantity) menghasilkan partikel bahan bakar lebih kecil serta homogen dengan udara, sehingga terbakar sempurna. Keuntungannya mesin lebih mudah dihidupkan meski dalam kondisi dingin dan tidak dinyalakan dalam jangka waktu yang lama.

   Baca Juga: Pakai Motor Bermesin Injeksi, Sudah Tahu Fitur Lampu MIL?

Lebih lanjut, Wahyu mengatakan dalam hal perawatan seperti Injector, throttle body, dan fuel pump semakin mudah karena tidak perlu dibersihkan secara berkala serta hanya memerlukan penggantian saringan bensin setiap 48.000 km. PGM-FI juga diklaim canggih dikarenakan mampu mendeteksi kerusakan melalui indikator MIL (Malfunction Indicator Lamp). MIL terdapat di area speedometer dan akan berkedip sesuai kerusakan yang terjadi pada sistem PGM-FI Honda.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id