Pakai Motor Bermesin Injeksi, Sudah Tahu Fitur Lampu MIL?

Pakai Motor Bermesin Injeksi, Sudah Tahu Fitur Lampu MIL?

 

Motor keluaran terbaru di Indonesia saat ini umumnya sudah menggunakan teknologi mesin injeksi. Berbeda dengan motor bermesin karburator, mesin injeksi memiliki beragam indikator dan sensor, salah satunya adalah fitur lampu Malfunction Indicator Lamp (MIL). Nah, fitur apakah itu dan apa fungsinya?

Fitur lampu MIL berfungsi untuk memberikan informasi kepada pengendara terkait kinerja dari sistem injeksi atau yang dikenal sebagai Programmed Fuel Injection (PGM-FI) pada deretan motor Honda. Ade Rohman selaku Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) mengatakan apabila ada kerusakan pada sistem PGM-FI, maka lampu indikator MIL akan menyala atau berkedip. Fitur ini bekerja berdasarkan informasi dari Engine Control Module (ECM).

   Baca Juga: Marc Marquez: Kami Akan Kembali Ke Puncak Kejuaraan

Dalam kondisi normal, ketika kunci kontak diputar ke posisi ON, maka lampu MIL akan menyala sekitar 2 detik dan kemudian mati kembali. Akan tetapi, jika ECM menemukan adanya kerusakan pada sistem PGM-FI, maka lampu MIL bakal terus menyala atau berkedip selama kerusakan yang terjadi belum diperbaiki.

Lampu indikator injeksi atau lampu mil motor

Namun, saat lampu MIL menyala atau berkedip, pengendara tak perlu khawatir karena ECM sudah dibekali dengan teknologi Fail Safe Mode. Lalu, apa fungsi dari teknologi tersebut dan bagaimana cara kerjanya?

"Teknologi ini akan memberikan informasi atau data-data yang dibutuhkan oleh ECM ketika terdapat sensor yang bermasalah sehingga sepeda motor tetap bisa dihidupkan dan dijalankan dengan normal, hanya saja performa mesinnya akan sedikit menurun," ujar Ade.

All New Honda PCX e:HEV 2021

Akan tetapi, Ade menambahkan jika kerusakan sistem PGM-FI terdapat pada bagian komponen primer atau sensor utama, maka secara otomatis ECM akan mematikan fitur pengapian mesin dan suplai bahan bakar, sehingga motor tidak bisa dihidupkan.

   Baca Juga: Lampu Indikator MIL pada Motor Berkedip Kurang dari 10 Kali, Apa Artinya?

"Sebelum ke AHASS untuk dilakukan perbaikan dan pemeriksaan lebih lanjut, pengendara juga dapat mendeteksi kerusakan yang terjadi pada sistem PGM-FI dengan cara membaca dan menghitung kedipan lampu MIL," kata Ade.

Lampu MIL sendiri mempunyai dua macam kedipan, yaitu kedipan panjang dan pendek. Kedipan panjang berlangsung selama 1,3 detik. Satu kedipan panjang ekuivalen dengan sepuluh kedipan pendek. Sementara untuk kedipan pendek akan berlangsung selama 0,3 detik. Satu kedipan pendek ekuivalen dengan satu kedipan.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id