Motor Terpaksa Melewati Banjir? Perhatikan Tips Berikut Ini

Motor Terpaksa Melewati Banjir? Perhatikan Tips Berikut Ini

 

Musim hujan telah memasuki sejumlah daerah di Indonesia pada penghujung 2021. Meski demikian, mobilitas harian pun masih harus dilakukan. Agar tetap aman dan nyaman berkendara, khususnya menggunakan motor di musim hujan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Curah hujan yang tinggi tak jarang membuat beberapa lokasi jalanan banjir. Saat berkendara motor dan bertemu banjir, dihimbau untuk mencari alternatif jalan lain. Namun, bagaimana jika terpaksa harus menerobos? Apa saja yang harus diperhatikan?

   Baca Juga: Manajer Proyek Yamaha Bertekad Buat YZR-M1 Mampu Saingi Ducati

Hasan Ardiansyah selaku Senior Service Advisor Yamaha FSS Jakarta pun memberikan penjelasan. Menurutnya, ada sejumlah hal yang perlu dilakukan ketika motor melewati banjir. Hal ini diperlukan agar motor terhindar dari risiko kerusakan.

Ilustrasi banjir

Hasan mengatakan jika terpaksa melintasi banjir, disarankan untuk mematikan mesin dan nyalakan kembali setelah melewati banjir agar tidak terjadi water hammer (masuknya air ke ruang bakar). Setelah itu, dihimbau untuk segera lakukan pengecekan di bengkel resmi Yamaha.

   Baca Juga: Intip Harga Yamaha Aerox 155 Terbaru Jelang Akhir 2021, Ada Kenaikan?

"Perlu diingat, jika kendaraan terjebak banjir dan ada kendala mati mesin karena air masuk ke saluran knalpot, jangan langsung kembali menghidupkan mesin. Lebih baik terlebih dahulu didorong ke tempat yang aman, lepas busi, dan pastikan tidak ada air di dalam mesin untuk mencegah adanya kerusakan mesin atau bahkan konsleting pada sistem kelistrikan yang dapat membuat kendaraan mengalami kerusakan lebih jauh," jelas Hasan.

Hasan menambahkan, pilih rute atau jalur yang aman dari banjir jika terjadi hujan lebat. Hindari melewati rute atau kultur medan jalan yang tidak dipahami sebelumnya, karena akan berisiko membahayakan pengendara saat melintasi genangan air dengan jalan berlubang yang tidak terlihat.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id