Oli Bisa Bikin Suara Mesin Motor Halus, Mitos atau Fakta?

Oli Bisa Bikin Suara Mesin Motor Halus, Mitos atau Fakta?

 

Perawatan berkala pada motor tentu diperlukan guna menjaga performanya tetap optimal. Salah satu perawatan yang wajib dilakukan adalah rutin mengganti oli mesin. Kesesuaian oli mesin dengan spesifikasi motor pastinya bakal membuat komponen mesin memiliki usia pakai yang panjang. Lantas, benarkah oli bisa membuat suara mesin motor halus?

Hariadi selaku Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan oli mesin memiliki beberapa fungsi yang dapat menunjang kinerja motor. Salah satu fungsi dari oli adalah menghaluskan suara mesin.

   Baca Juga: Kampas Ganda Yamaha NMax 155 Bisa Hilangkan Gredek Honda Vario

"Oli mesin memiliki fungsi meredam suara yang ditimbulkan akibat interaksi maupun gesekan antar komponen mesin sehingga suara mesin menjadi lebih halus. Namun tetap harus memperhatikan viskositas yang sesuai standardisasi mesin," jelas Hariadi.

Ganti oli mesin

Selain membuat halus suara mesin, oli juga memiliki beberapa fungsi lainnya. Hariadi mengungkapkan setidaknya terdapat enam fungsi oli mesin. Fungsi tersebut di antaranya melumasi, melapisi, mendinginkan, membersihkan, menghaluskan suara, dan melindungi komponen mesin dari korosi.

   Baca Juga: Jadwal MotoGP Austin, Amerika 2021: Duo Yamaha Berharap Hasil Terbaik!

Senada dengan Hariadi, Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Honda Bintang Motor, Cinere, Depok pun memberikan penjelasan terkait pentingnya rutin mengganti oli mesin pada motor. "Kalau jarang ganti oli, mesin bisa cepat rusak karena sistem pelumasan tidak maksimal. Dampaknya tentu bisa menyebabkan komponen di dalam mesin menjadi rusak sehingga motor harus turun mesin," ujarnya pada OtoRider beberapa waktu lalu.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id