Pemula Naik Motor Kopling Manual? Berikut Langkah-Langkahnya

Pemula Naik Motor Kopling Manual? Berikut Langkah-Langkahnya
Minggu, 11 Juli 2021 11:30
Brian

Motor dengan kopling manual biasanya hadir dalam bentuk segmen sport dan motor bebek. Biasanya motor dengan kopling manual membutuhkan keterampilan khusus. Mengingat motor jenis ini merupakan yang paling sulit untuk dipelajari dari jenis motor lainnya.

"Bagi yang ingin belajar mengendarainya, kami memberikan beberapa poin sebagai panduan. Kali ini untuk tips basic naik motor kopling manual. Semoga dapat membantu agar bisa menikmati mengendarainya,” papar Supriyanto, Manager Promosi Main Dealer PT Lautan Teduh dalam keterangan tertulis.

Yamaha Riding Experience WR 155R

Langkah pertama, pemula motor kopling manual dapat menghidupkan mesin dan pastikan posisi gear dalam keadaan netral. Kemudian injak rem belakang agar menjaga motor tidak mudah bergerak. Tarik tuas kopling secara penuh agar perpindahan gear lebih mudah, kemudian masukan gear 1.

   Baca Juga: Mau Belajar Motor Kopling? Ketahui Dulu Fungsi Perangkatnya

Selanjutnya lepas rem belakang dan lepas tuas kopling secara perlahan. Perhatikan saat melepas tuas kopling, karena jika terlalu cepat dapat membuat mesin motor mudah mati. Langkah berikutnya, operasikan gas sesuai kebutuhan, meskipun tanpa menggunakan gas motor sudah dapat berjalan.

Ilustrasi Kopling

Untuk memindahkan gear atau percepatan, tutup gas terlebih dahulu dan tarik tuas kopling sebelum memindahkan gear. Jika sudah menarik tuas kopling, pengendara dapat menambah atau mengurangi posisi gear sesuai kebutuhan. Hindari menggunakan tuas kopling saat pengereman, karena motor tidak memiliki engine brake sehingga sulit dikendalikan.

   Baca Juga: PPKM Darurat, Jangan Lupa Standar Tengah Jika Motor Tak Dipakai

Sebagai tambahan informasi, mengoperasikan kopling dapat dilakukan pada tiga kondisi yakni saat pertama kali jalan, pindah geaer, dan berhenti. Saat menurunkan gear, usahakan pada putaran mesin yang rendah sehingga perpindahan lebih halus. Jika masih belum lancar, latihan motor kopling manual di area yang kosong, jalanan rata, dan kondisinya aman.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.