Penasaran Mengapa Oli Mesin Motor Berubah Hitam? Ternyata Ini Sebabnya

Penasaran Mengapa Oli Mesin Motor Berubah Hitam? Ternyata Ini Sebabnya

 

Oli mesin pada motor menjadi salah satu komponen yang wajib diganti secara berkala. Selain membuat performa motor tetap optimal, oli mesin juga berfungsi untuk melindungi komponen mesin. Nah, saat oli mesin diganti, umumnya akan berubah warna menjadi hitam. Kira-kira apa penyebab oli mesin motor berubah warna?

Hariadi selaku Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun memberikan penjelasan. Ia mengatakan oli mesin memiliki beberapa fungsi yang dapat menunjang kinerja motor, salah satunya melindungi dari korosi. Fungsi inilah yang membuat oli mesin berubah menjadi hitam.

   Baca Juga: Hasil Balap MotoGP Austin 2021: Marc Marquez Kembali Kuat

"Oli berguna memberikan lapisan menyeluruh di tiap komponen. Komponen mesin yang terbuat dari logam sangat rentan terkena proses elektrokimia atau karat yang terbentuk akibat tercampurnya hidrogen, oksigen, dan atom di besi. Maka dari itu, oli mesin memiliki fungsi melindungi setiap komponen dari karat yang menyebabkan korosi. Hal ini yang membuat oli berubah warna menjadi gelap yang menandakan bahwa oli telah berhasil mengangkat kotoran dalam mesin," jelas Hariadi.

Ganti oli mesin

Senada dengan Hariadi, Rialdy Fasha selaku Training and Technical Engineer Motul Indonesia turut memberikan penjelasan terkait perubahan warna oli mesin. Menurutnya, perubahan warna ini terjadi karena proses pelumasan yang terjadi di ruang mesin.

   Baca Juga: Dijual Mulai Rp 21 Jutaan, Simak Harga Terkini Honda Vario 125 dan 150

"Ya oli hitam itu karena hasil dari pembakaran. Saat pembakaran itu, setiap oli punya yang namanya pembersih, deterjen. Fungsinya untuk menghilangkan deposit atau kotoran-kotoran dari sisa pembakaran. Oleh sebab itu, oli pasti akan hitam," ujar Rialdy pada OtoRider beberapa waktu lalu.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id