Perhatikan Hal Berikut Supaya Ban Motor Lebih Awet

Perhatikan Hal Berikut Supaya Ban Motor Lebih Awet

 

Ban pada sepeda motor merupakan komponen yang paling penting. Komponen ini yang membuat motor bergerak sekaligus sebagai perangkat keamanan saat berkendara. Oleh karena itu, kondisinya harus tetap dirawat agar dapat bertahan lebih lama.

"Pentingnya perawatan ban turut mendukung kenyamanan sepeda motor. Terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam perawatannya, untuk itu kami memberikan sejumlah tips bagi pengguna sepeda motor," ujar Muslian selaku Manager Service Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers di Sumatera Selatan dan Bengkulu dalam keterangan tertulis.

Ilustrasi Pengecekan ban

Pertama, Muslian menyebutkan tekanan udara harus diperiksa dan disesuaikan dengan tipe motor yang digunakan. "Semakin tinggi cc motor, semakin besar pula bobot atau berat dari motor tersebut. Tekanan udara setiap motor dapat dilihat di buku manual servis," lanjut Muslian.

   Baca Juga: Modifikasi Pakai ECU Aftermarket Perlu Perawatan Khusus?

Selanjutnya permukaan ban juga harus diperiksa dari adanya kotoran seperti kerikil atau benda tajam yang tersangkut di ban. Dengan demikian pengendara dapat terhindar dari kebocoran di bagian ban. Selain itu untuk menghindari kebocoran juga disarankan untuk menghindari jalan yang tidak rata.

Tekanan angin ban motor/ nitrogen

Usahakan saat berkendara beban motor tidak melebihi standar kapasitas yang disarankan. Jika hal ini tidak diindahkan maka besar kemungkinan ban menjadi cepat rusak. Disarankan juga untuk mengisi angin menggunakan nitrogen agar ban tidak terlalu cepat memuai dan lebih stabil.

   Baca Juga: Inspirasi Modifikasi, Yamaha YZF-R15 Livery World GP 60th Anniversary

Terakhir untuk pengereman, disarankan untuk tidak terlalu dekat dengan titik pemberhentian. Hal ini untuk mengurangi ban motor menjadi slip jika mengerem terlalu dekat.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id