Perhatikan Tips Berikut agar Aman Lewati Jalan Berbelok

Perhatikan Tips Berikut agar Aman Lewati Jalan Berbelok

 

Touring menggunakan sepeda motor menjadi salah satu aktivitas yang kerap dilakukan para pecinta roda dua. Dalam kegiatan ini, tentunya akan menemukan banyak kondisi jalan yang berbeda-beda. Salah satunya adalah jalanan berbelok atau tikungan yang perlu kewaspadaan lebih tinggi saat melewatinya.

"Biker perlu memperhatikan sejumlah poin penting saat menghadapi belokan atau tikungan. Untuk itu Yamaha Riding Academy (YRA) DDS 3 memberikan sejumlah panduan yang dapat diikuti oleh penghobi touring sepeda motor. Semoga dapat turut membantu dalam menjaga keselamatan berkendara," ujar Johannes BMS selaku Chief Yamaha DDS 3 dalam keterangan tertulis.

Honda ADV150 Panning

Tentunya sebelum berbicara cara bermanuver saat melewati jalan berbelok, terdapat beberapa hal yang perlu disiapkan. Salah satunya adalah kendaraan yang harus diservis dan safety gear yang harus disiapkan. Selain itu fisik juga harus diperhatikan dengan istirahat yang cukup.

   Baca Juga: Pelek Genova Uno dan Turismo Dirilis, Bagaimana Ketahanannya?

Kemudian saat melewati jalanan berbelok, pengendara disarankan untuk menjaga pandangan luas ke depan. Selanjutnya kurangi kecepatan saat motor masih dalam kondisi lurus atau sebelum menikung. Lalu lakukan pengereman secara halus, diusahakan hindari hard braking dan pegngereman tiba-tiba.

B'Brothers Touring

Saat memasuki tikungan gunakan kecepatan yang aman, sebisa mungkin hindari overspeed yang dapat membuat motor melebar dan berpotensi kecelakaan. Lakukan akselerasi saat keluar tikungan secara perlahan. Dengan demikian dapat menghindari over power dari mesin dan ban selip.

   Baca Juga: Mulai Musim Hujan, Ingat Lagi Cara Memilih Jas Hujan yang Benar

Hindari menyalip di tikungan karena berpotensi melebar dan dapat tertabrak pengendara dari depan. Saat berbelok juga usahakan motor berada di lajur tengah, hindari terlalu kekanan agar aman dari kendaraan depan. Disarankan juga untuk berkendara dengan teman yang mengenal jalan dengan baik.

 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id