Periksa Kondisi Oli Mesin Honda BeAT Tanpa Perlu Ke Bengkel, Sudah Tahu Caranya?

Periksa Kondisi Oli Mesin Honda BeAT Tanpa Perlu Ke Bengkel, Sudah Tahu Caranya?

Perawatan rutin tentunya bakal membuat performa motor tetap terjaga. Salah satu perawatan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah adalah memeriksa kondisi oli mesin, khususnya bagi pemilik Honda BeAT. Lantas, bagaimana caranya dan apa saja peralatan yang diperlukan?

Untuk memeriksa kondisi oli mesin Honda BeAT, peralatan yang dibutuhkan hanya tang dan kain atau lap bersih. Lalu, apa langkah-langkah yang perlu dilakukan?

   Baca Juga: Futuristis dan Modern, Husqvarna Kenalkan Konsep Skuter Listrik Vektorr

Pertama, posisikan kendaraan Anda menggunakan standar tengah di atas permukaan yang keras dan rata. Selanjutnya, jika mesin motor dalam keadaan dingin, nyalakan dan biarkan mesin berputar stasioner selama tiga sampai lima menit.

All New Honda BeAT Series 2020

Kemudian, matikan mesin dan tunggu selama dua sampai tiga menit. Langkah selanjutnya adalah buka tutup pengisian oli atau tangkai pengukur menggunakan tang dan dilap hingga bersih.

Masukan tutup pengisian oli atau tangkai pengukur sampai menyentuh dudukannya. Akan tetapi, jangan menyekrupnya atau memutarnya terlebih dahulu ke dalam alias cukup dimasukan saja. Kemudian, buka kembali tutup pengisian oli atau tangkai pengukur untuk melihat kondisi oli mesin.

Cara memeriksa volume oli mesin motor honda beat

Periksa ketinggian volume oli mesin. Tinggi permukaan oli yang disarankan berada di antara tanda batas atas dan terbawah. Apabila kondisi oli mesin sudah menghitam dan volumenya tak sesuai rekomendasi, segera lakukan penggantian. Terakhir, pasang kembali tutup pengisian oli atau tangkai pengukur dengan erat menggunakan tang.

Lalu, apa dampaknya jika volume oli mesin tak sesuai rekomendasi?

Cara memeriksa volume oli mesin motor honda beat

Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Bintang Motor Honda Cinere, Depok menjelaskan dampak yang terjadi jika tidak sesuai mengisi volume oli mesin. Menurutnya, volume oli yang terlalu banyak atau terlalu sedikit akan mengakibatkan mesin tidak bisa bekerja maksimal.

   Baca Juga: Persaingan Motor Bebek Super, Supra GTR 150 vs MX King 150, Berapa Harganya?

"Volume oli yang terlalu banyak bisa menyebabkan putaran mesin jadi berat atau terhambat. Sehingga akan berpengaruh pada tenaga motor yang menjadi lebih berat juga. Sedangkan, volume oli yang terlalu sedikit atau berkurang dapat merusak atau mempercepat keausan komponen mesin. Karena pelumasan yang kurang sempurna di dalam mesin. Jika terus dibiarkan, risiko terbesarnya motor bisa mengalami turun mesin," kata Ribut pada OtoRider beberapa waktu lalu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id