Pernah Dengar Istilah Kopling Selip? Kira-kira Apa Penyebabnya?

Pernah Dengar Istilah Kopling Selip? Kira-kira Apa Penyebabnya?
Jumat, 2 Juli 2021 16:15
Brian

Biasanya pengendara motor sport kerap mendengar istilah kopling selip. Hal ini biasa terjadi ketika tenaga dari motor seperti tertahan dan tidak langsung lepas. Ternyata jika dibiarkan begitu saja, kopling selip ini memiliki dampak yang cukup parah loh.

Adih selaku Service Supervisor di dealer Yamaha Mekar Bintaro menyebutkan kopling selip bisa diakibatkan dari kampas kopling yang sudah habis. Jika dibiarkan, maka akan merusak hingga ke baseplate dari kopling itu sendiri. Bahkan jika dibiarkan terlalu lama, bisa merusak rumah koplingnya.

   Baca Juga: Apakah Lampu LED Motor Bisa Rusak? Simak Penyebab dan Cara Mencegahnya

"Biasanya awal dari kampasnya dulu habis, kalau sudah habis enggak diganti, bisa kena ke baseplate sama rumah koplingnya. Benerinnya harus dilihat dulu kondisinya gimana, kalau di motor sport dilihat dari kondisi kampasnya. Jadi selain kampas dilihat juga dari baseplate-nya juga," ujar Adih kepada OtoRider, Kamis (1/7).

Foto kampas kopling vespa modern

Adih juga menjelaskan gejala lain yang dapat dirasakan pengendara saat kampas kopling habis. Salah satunya adalah tenaga motor yang terasa lebih berat dari biasanya. Sementara untuk mengganti kampas kopling disebutkannya harus dilakukan setiap jarak tempuh 20.000 km.

   Baca Juga: Shockbreaker All New Yamaha NMax Bisa Dipasang di Model Lama?

"Biasanya walaupun kilometernya rendah ada juga yang kampasnya sudah harus ganti. Karena tergantung dari cara pakai dan jalur yang dilewati. Misalnya kaya Jakarta, karena macet itu pengaruh. Kalau di Bogor juga sama, karena jalan menanjak dia juga bisa cepat habis," ungkap Adih.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.