Banyak Disepelekan, Kira-kira Kapan Waktunya Ganti Kampas Kopling Motor?

Banyak Disepelekan, Kira-kira Kapan Waktunya Ganti Kampas Kopling Motor?
Jumat, 2 Juli 2021 15:40
Brian

Kampas kopling merupakan komponen penting yang menghubungkan roda gigi transmisi dan poros engkol. Dengan komponen ini, membuat mesin bisa menggerakkan roda belakang dan dapat meningkatkan percepatan mesin pada motor sport. Namun sayangnya, komponen yang satu ini tidak terlalu diperhatikan pengendara.

Adih selaku Service Supervisor dealer Yamaha Mekar Motor menyebutkan kampas pada kopling harus diganti setiap 20.000 km. Menurutnya angka tersebut berlaku, baik motor matic maupun motor sport. Namun menurut Adih tidak semua kampas kopling motor akan habis dalam jarak tersebut.

   Baca Juga: Lampu Indikator MIL pada Motor Berkedip Kurang dari 10 Kali, Apa Artinya?

"Biasanya habis dan harus ganti kampas kopling itu di 20.000 km. Tetapi tergantung dari pemakaian juga sebenarnya kalau buat kopling dan jarak yang sudah ditempuh. Karena kita tidak tahu bagaimana kondisi jalan yang ditempuh sama pengendaranya," ujar Adih kepada OtoRider, Kamis (1/7).

Bak kopling Transparan

Oleh karenanya Adih menuturkan terdapat motor yang sudah harus ganti kampas kopling meskipun belum mencapai 20.000 km. Biasanya hal ini datang dari keluhan konsumen yang mengalami kendala pada motornya. Namun jika tidak terdapat keluhan, pihaknya akan mengecek kondisi kampas kopling pada jarak 20.000 km.

   Baca Juga: Cara Aman Berkendara Membawa Barang di Sepeda Motor

"Biasanya walaupun kilometernya rendah ada juga yang kampasnya sudah harus diganti. Karena tergantung dari cara pakai dan jalur yang dilewati. Misalnya kaya Jakarta, karena macet itu pengaruh. Kalau di Bogor juga sama, karena jalan menanjak dia juga bisa cepat habis," ungkap Adih.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.