Punya Peranan Penting, Berapa Voltase Ideal Aki Motor?

Punya Peranan Penting, Berapa Voltase Ideal Aki Motor?

 

Aki atau baterai merupakan salah satu komponen penting pada motor bermesin injeksi. Komponen ini berfungsi untuk menghasilkan arus listrik yang mengaktifkan komponen elektrikal pada motor. Lantas, bagaimana cara mengecek kinerja aki dan berapa voltase idealnya?

Johannes BMS selaku Chief Yamaha DDS 3 (Jawa Tengah – DIY) pun memberikan beberapa tips mengecek kondisi aki motor, khususnya pada line up skutik Maxi Yamaha generasi terbaru. Menurutnya, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memeriksa aki atau baterai.

   Baca Juga: Masih Eksis, Ini Harga Motor Bebek Yamaha dan Suzuki, Termurah Rp 16 Jutaan

"Komponen baterai di motor fungsinya sangat penting, karenanya perlu melakukan pengecekan untuk mengetahui kondisinya. Begitu pula dengan skutik Maxi Yamaha generasi terbaru agar kondisi baterai dicek juga, sehingga kinerjanya tetap terjaga, dengan mengikuti sejumlah langkah yang kami berikan," ujar Johannes dalam keterangan tertulis.

NMax CCU

Nah, berapakah angka voltase ideal pada aki motor? Johannes mengatakan terdapat dua kondisi voltase aki yang diperhatikan. "Dalam kondisi bagus menunjukkan di atas 12,4 volt. Jika di bawah 12,4 volt lakukan pengecasan baterai," jelasnya.

   Baca Juga: Harga Terbaru Tiga Varian Yamaha Lexi, Cuma Rp 20 Jutaan, Dapat Apa Saja?

Untuk memudahkan mengecek besaran voltase aki, deretan skutik Maxi Yamaha generasi terbaru sudah dilengkapi fitur menu battery voltage pada speedometer. Sehingga, pengendara bisa memantau kondisi tegangan aki dengan praktis.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id