Sudah Tahukah Kriteria Ideal Sepatu dan Sarung Tangan Hadapi Musim Hujan?

Sudah Tahukah Kriteria Ideal Sepatu dan Sarung Tangan Hadapi Musim Hujan?

Riding gear tentunya menjadi peranti wajib yang digunakan saat berkendara motor, terlebih lagi ketika musim hujan seperti sekarang ini. Riding gear yang perlu dipakai antara lain adalah sepatu dan sarung tangan. Nah, kira-kira bagaimana kriteria ideal ketika memilih kedua riding gear tersebut, khususnya untuk menghadapi cuaca hujan?

Johanes Lucky selaku Manager Safety Riding PT Astra honda Motor (AHM) pun memberikan penjelasannya. Menurutnya, kecermatan biker dalam memilih perlengkapan mengendarai motor saat hujan tentu akan semakin mendukung kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

   Baca Juga: Inspirasi Modifikasi Yamaha WR 155R Bergaya Supermoto

Lucky mengatakan sarung tangan merupakan salah satu peranti dalam keselamatan berkendara untuk melindungi area tangan dengan tetap menjaga kemampuan pengendalian motor. Saat musim hujan, ia menyarankan untuk menggunakan sarung tangan berbahan kulit yang memiliki daya serap air rendah.

Safety riding honda

"Pilih sarung tangan yang menutupi seluruh ruas jari dan untuk menghadapi kondisi hujan. Pilihlah bahan kulit yang memiliki daya serap air yang rendah, sehingga tidak licin saat harus memutar tuas gas saat hujan dan tetap nyaman dipakai," jelas Lucky.

   Baca Juga: Helm Baru RSV SV500 Diluncurkan, Punya Fitur Baru!

Sementara itu untuk pemilihan sepatu, Lucky menyebutkan biker dapat menggunakan sepatu berkendara yang memang dirancang anti air. Selain itu, pengendara juga dapat menggunakan sarung sepatu. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

"Pemilihan sarung sepatu disarankan sesuai dengan ukuran sepatu yang digunakan, sehingga pengikat pada sarung sepatu pun dapat lebih kuat dan tidak mudah lepas ketika mengikuti pergerakan sepatu. Telapak sarung sepatu memiliki cengkraman yang baik seperti halnya sepatu untuk menghindari terpeleset di bar step saat melakukan pengereman, maupun saat menapak. Sebagai pilihan lain, biker juga dapat menggunakan sepatu berkendara yang memang dirancang anti air," kata Lucky.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id