Tak Hanya Pakai Lampu Jauh, Simak Cara Memaksimalkan Penerangan Lampu Dekat Motor

Tak Hanya Pakai Lampu Jauh, Simak Cara Memaksimalkan Penerangan Lampu Dekat Motor

 

Sistem pencahayaan kendaraan menjadi salah satu peranti penting, khususnya ketika berkendara malam hari atau melintasi jalanan minim penerangan. Pada kebanyakan motor umumnya terdapat dua opsi tombol sakelar, yakni lampu dekat dan lampu jauh. Kesesuaian penggunaan lampu tersebut juga perlu diperhatikan agar tak menyilaukan pengendara dari arah berlawanan.

   Baca Juga: Pantauan Harga Bekas Honda Revo, Mulai dari Rp 5 Jutaan

Lantas, bagaimana cara memaksimalkan penerangan lampu dekat saat berkendara? Berikut OtoRider berikan tips mengatur level ketinggian lampu depan motor, khususnya pada Honda BeAT. Informasi ini sendiri didapat melalui buku pedoman pemilik Honda BeAT dan BeAT Street.

Obeng Tekiro Tools

Level ketinggian lampu motor bisa diatur agar posisinya tepat hanya berbekal peralatan sederhana dan tanpa perlu pergi ke bengkel. Alat yang dibutuhkan adalah sebuah obeng plus atau juga dikenal sebagai obeng Phillips.

Nah, bagaimana caranya? Pertama, temukan lebih dulu komponen roda gigi pinion di bagian dalam bodi depan dekat lampu. Umumnya komponen ini berbentuk seperti gerigi yang dapat diputar. Jika sudah ditemukan, posisikan obeng ke gerigi tersebut.

Roda gigi pinion pengatur lampu depan motor

   Baca Juga: Tips Rawat Radiator Motor, Boleh Dipasangi Cover?

Untuk menaikkan level ketinggian lampu, putar roda gigi pinion ke arah kanan. Sementara itu, guna menurunkannya, putar roda gigi pinion ke arah kiri. Lakukan putaran tersebut sebanyak yang diperlukan serta dihimbau untuk mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku terkait sinar lampu.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id