Ternyata Penggunaan Semir Bisa Bikin Permukaan Ban Pecah!

Ternyata Penggunaan Semir Bisa Bikin Permukaan Ban Pecah!

Semir ban merupakan produk yang banyak digunakan untuk membuat tampilan kaki-kaki semakin mengkilap. Namun ternyata semir ban bisa membahayakan kondisi ban. Bahkan disebutkan bisa membuat permukaan ban pecah-pecah dan tidak aman digunakan.

Fachrul Rozi selaku Customer Engineering Support Michelin Indonesia tidak menyarankan menggunakan semir ban dengan bahan dasar minyak. Menurutnya penggunaan semir ban dengan bahan dasar minyak alias oilbase ini dapat merusak ban. Meskipun secara pemakaian, semir jenis ini lebih awet digunakan.

   Baca Juga: Beberapa Tips Berkendara di Hari Raya Idul Fitri, Ingat Protokol Kesehatan!

"Yang paling penting adalah jangan pernah menggunakan semir dengan bahan dasar minyak. Yang diluar itu kan mengkilapnya berbulan-bulan, sampai dikira engga bisa kotor ban nya. Tapi ternyata itu minyak, oil base, kalau silicon kita sentuh lama-lama hilang," ujar Fachrul Rozi ketika ditemui awak media di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ilustrasi Cuci Motor

 

"Kalau biasa dipakai lama-lama itu bikin crack (pecah), ozon crack. Bentuknya jadi kasar gitu, itu yang membuat degrade karetnya," lanjut Fachrul Rozi.

   Baca Juga: Ban Produksi Lama Masih Aman Dipakai? Bagaimana Kriterianya?

Fachrul pun menyebutkan pengalamannya menggunakan ban yang sudah cukup lama namun tidak mengalami masalah ini. Sedangkan beberapa konsumennya justru mengeluh mengenai ban yang mulai retak. Padahal umur ban masih terbilang muda, bahkan baru diproduksi di tahun 2019 lalu.

"Semir ban yang bagus engga glossy sih, kalau hitam ya hitam saja. Kan engga ada juga ban baru yang tampilannya glossy kan?," pungkasnya.

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id