Ternyata Rantai Harus Dibersihkan Sebelum Diberi Pelumas

Ternyata Rantai Harus Dibersihkan Sebelum Diberi Pelumas
Sabtu, 3 Juli 2021 14:00
Brian

Merawat rantai menjadi salah satu keharusan agar performa motor tidak menurun. Biasanya perawatan rantai dilakukan dengan mengencangkannya dan memberikan pelumas. Namun tidak banyak yang tahu sebelum memberikan pelumas, rantai harus dibersihkan terlebih dahulu.

Endro Sutarno selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor mengatakan pembersihan dapat dilakukan dengan cairan pembersih seperti detergen. Kemudian rantai disikat menggunakan sikat kecil untuk membersihkannya dan dikeringkan menggunakan kain kering. Disarankan tidak menggunakan cairan pembersih yang mudah terbakar saat membersihkannya.

   Baca Juga: Pernah Dengar Istilah Kopling Selip? Kira-kira Apa Penyebabnya?

Endro mengatakan setelah selesai membersihkan rantai, berikan pelumas yang sesuai untuk rantai roda. Pelumas diberikan pada roller link dan link plate. "Selain menggunakan pelumas rantai, pengguna motor dapat menggunakan gear oil SAE 80-90 baru sehingga kualitas rantai dapat terjaga dengan baik," ujar Endro dalam keterangan tertulis.

Perawatan Rantai Motor

Endro menyebutkan pengguna sepeda motor sangat perlu memperhatikan kualitas rantai roda sepeda motor agar selalu prima. Perawatan disarankan dilakukan secara rutin, setidaknya setiap periode 4.000 km. Dengan demikian selain menjaga performa motor, juga dapat memperpanjang umur rantai.

   Baca Juga: Lampu Depan LED Yamaha NMax Rusak? Berapa Biaya Penggantiannya?

“Pada prisipnya rantai sepeda motor yang bekerja dengan bergesekkan dengan bagian lainnya akan mengalami keausan, sehingga butuh perawatan yang rutin. Merawat rantai sepeda motor merupakan salah satu hal penting sebagai langkah memperpanjang umur rantai dan menghindar kemungkinan lepas dari gear set," tutup Endro.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.