Ternyata Rantai Harus Dibersihkan Sebelum Diberi Pelumas

Ternyata Rantai Harus Dibersihkan Sebelum Diberi Pelumas

 

Merawat rantai menjadi salah satu keharusan agar performa motor tidak menurun. Biasanya perawatan rantai dilakukan dengan mengencangkannya dan memberikan pelumas. Namun tidak banyak yang tahu sebelum memberikan pelumas, rantai harus dibersihkan terlebih dahulu.

Endro Sutarno selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor mengatakan pembersihan dapat dilakukan dengan cairan pembersih seperti detergen. Kemudian rantai disikat menggunakan sikat kecil untuk membersihkannya dan dikeringkan menggunakan kain kering. Disarankan tidak menggunakan cairan pembersih yang mudah terbakar saat membersihkannya.

   Baca Juga: Pernah Dengar Istilah Kopling Selip? Kira-kira Apa Penyebabnya?

Endro mengatakan setelah selesai membersihkan rantai, berikan pelumas yang sesuai untuk rantai roda. Pelumas diberikan pada roller link dan link plate. "Selain menggunakan pelumas rantai, pengguna motor dapat menggunakan gear oil SAE 80-90 baru sehingga kualitas rantai dapat terjaga dengan baik," ujar Endro dalam keterangan tertulis.

Perawatan Rantai Motor

Endro menyebutkan pengguna sepeda motor sangat perlu memperhatikan kualitas rantai roda sepeda motor agar selalu prima. Perawatan disarankan dilakukan secara rutin, setidaknya setiap periode 4.000 km. Dengan demikian selain menjaga performa motor, juga dapat memperpanjang umur rantai.

   Baca Juga: Lampu Depan LED Yamaha NMax Rusak? Berapa Biaya Penggantiannya?

“Pada prisipnya rantai sepeda motor yang bekerja dengan bergesekkan dengan bagian lainnya akan mengalami keausan, sehingga butuh perawatan yang rutin. Merawat rantai sepeda motor merupakan salah satu hal penting sebagai langkah memperpanjang umur rantai dan menghindar kemungkinan lepas dari gear set," tutup Endro.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id