Tips Berkendara Motor Saat Hari Natal 2021, Apa yang Disiapkan?

Tips Berkendara Motor Saat Hari Natal 2021, Apa yang Disiapkan?
Sabtu, 25 Desember 2021 15:00
Thio Pahlevi

Peringat Hari Natal 2021 jatuh pada hari ini, Sabtu (25/12). Bagi pengendara motor yang ingin melakukan perjalanan untuk merayakan bersama kerabat atau teman, terdapat beberapa tips berkendara yang perlu diperhatikan. Hal tersebut diperlukan agar perjalanan tetap aman dan nyaman, khususnya di masa pandemi saat ini.

Beberapa tips pun diberikan oleh Wiranata P.Ilahi selaku Manager Promosi Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu). Berdasarkan Yamaha Riding Academy (YRA) Main Dealer Thamrin Brothers, setidaknya terdapat tiga hal utama yang perlu diperhatikan, yakni persiapan, saat di jalan, dan protokol kesehatan.

   Baca Juga: Perbandingan Harga Honda CB150X di Jakarta dan Bandung

Sebagai persiapan, dihimbau melakukan service terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan berkendara agar kondisi motor terjaga dengan baik. Selanjutnya, perhatikan bahan bakar motor. Lakukan pengisian bahan bakar sebelum melakukan perjalanan untuk menghindari keramaian antrian di pom bensin.

Tips berkendara di jalan

Lebih lanjut, jangan membawa barang yang melebihi kapasitas dan terlalu berat agar tidak mengganggu keseimbangan saat berkendara. Perhatikan juga aturan yang berlaku untuk perjalanan dengan kendaraan pribadi di Hari Natal dan Tahun Baru serta informasi terkait aturan pendemi untuk bepergian sehingga lancar ke tempat tujuan. Tak ketinggalan, gunakan safety gear yang lengkap dan nyaman.

Sementara itu, saat di perjalanan dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan jaga jarak aman karena padatnya kondisi jalanan dengan banyaknya kendaraan. Atur kecepatan. Jangan terlalu pelan atau kencang dengan mengikuti alur sebagai antisipasi agar terhindar dari kecelakaan. Hindari melakukan pengereman, berbelok atau berhenti mendadak untuk mencegah tertabrak pengendara lainnya.

   Baca Juga: Lin Jarvis: Saya Ingin Dua Gelar Juara Lagi, Lalu Pensiun

Selanjutnya, gunakan jalur alternatif jika jalur utama padat. Jaga konsentrasi dan kontrol emosi. Jika merasa lelah, sebaiknya istirahat terlebih dahulu. Bagi pengendara motor yang berboncegan, lakukan akselerasi atau pengereman secara halus. Selalu patuhi peraturan lalu lintas.

Terakhir di segi protokol kesehatan. Pastikan untuk selalu membawa serta menggunakan masker, hand sanitizer, dan sering mencuci tangan dengan sabun. Gunakan juga safety gear yang bersih. Terakhir, jaga stamina dan imunitas tubuh dengan makan sehat, minum air putih serta tidur yang cukup.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.