Tips Berkendara Sepeda Motor di Malam Hari

Tips Berkendara Sepeda Motor di Malam Hari

 

Sepeda motor menjadi moda transportasi yang sangat diandalkan untuk kegiatan sehari-hari. Oleh karenanya mengendarai jenis kendaraan yang satu ini perlu konsentrasi maksimal, terutama di malam hari. Kondisi jalan yang gelap dan sepi, membuat pengendara harus terjaga dan meningkatkan kewaspadaan.

"Kali ini melalui Yamaha Riding Academy (YRA) Lampung, kami berikan sejumlah poin-poin tips agar turut membantu dalam keselamatan berkendara. Dan juga selalu gunakan safety gear serta mematuhi rambu-rambu dan peraturan lalu lintas,” ungkap Supriyanto, Manager Promosi Main Dealer Yamaha PT Lautan Teduh Lampung dalam keterangan tertulis.

Pertama dimulai dari persiapan, usahakan lampu-lampu pada sepeda motor berfungsi dengan baik ketika berjalan di malam hari. Usahakan gunakan safety gear berwarna cerah yang mudah terlihat dan helm dengan kaca yang bening agar tidak mengganggu pandangan. Jangan lupa perhatikan kondisi fisik pengendara, istirahat atau tidur yang cukup dan usahakan hafal kondisi jalan.

Ilustrasi berkendara malam hari

Sebelum berjalan, usahakan siapkan rute yang akan dilewati dan hindari rute yang sepi. Dengan demikian, pengendara dapat terhindar dari bahaya kejahatan atau begal. Jika sudah larut malam, disarankan untuk tidak berkendara seorang diri.

   Baca Juga: Awas! Jangan Lakukan Dua Hal Ini Saat Mencuci Motor

Selama pejalanan usahakan jaga jarak aman dengan pengendara di depan, beri jarak sedikit lebih jauh dari kendaraan lain. Kecepatan juga harus dijaga, gunakan kecepatan yang selalu dapat dikontrol oleh pengendara. Jangan terpancing untuk ngebut dengan pengendara lain hanya karena kondisi jalan yang sepi.

Suzuki Gelar Riding Malam Hari

Selanjutnya gunakan lampu jauh/high beam hanya pada saat diperlukan saja. Hindari menggunakan lampu jauh yang dapat mengganggu pengendara lain karena silau. Penggunaan lampu sein juga harus diperhatikan jauh sebelum berbelok agar pengendara di belakang lebih waspada.

   Baca Juga: GALERI: Modifikasi Kustom Kawasaki Ninja ZX-25R Cafe Racer 

Terakhir, berkendara secara halus dengan cara menghindari akselerasi dan pengereman secara mendadak. Usahakan tetap fokus dan konsentrasi, tidak hanya pada area depan kendaraan namun juga pada sekitar. Jika lelah, sebaiknya berhenti di area yang aman untuk menyegarkan badan supaya fit kembali.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id