Tips Merawat Radiator Motor serta Waktu Ideal Penggantian Airnya

Tips Merawat Radiator Motor serta Waktu Ideal Penggantian Airnya
Jumat, 28 Mei 2021 13:00
Thio Pahlevi

Radiator merupakan salah satu komponen yang berguna untuk mendinginkan mesin motor. Komponen ini pun tak luput dari perawatan berkala. Hal tersebut diperlukan agar kinerjanya tetap optimal serta menghindari terjadinya overheat.

Agar radiator memiliki usia pakai yang panjang, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini pun dijelaskan langsung oleh Adih selaku Supervisor Service Yamaha Mekar Motor Bintaro, Jakarta Selatan. Menurutnya, perawatan yang bisa dilakukan salah satunya adalah rutin mengecek volume air radiator.

   Baca Juga: Jawaban AHM Soal Keluhan Bocor Air Radiator dan Waterpump All New PCX 160

Selain itu, Adih menghimbau untuk mengganti air radiator sesuai waktu yang direkomendasikan oleh pabrikan. "Pastikan selalu melakukan pengecekan air radiator setiap kali servis berkala. Pergantian air radiator sendiri dianjurkan dilakukan per 12.000 km," ucapnya pada OtoRider, Kamis (27/5).

Yamaha XSR155

 

Umumnya terdapat beberapa indikasi apabila air radiator sudah memerlukan penggantian. Salah satunya, lanjut Adih, adalah suhu mesin menjadi terasa lebih cepat panas, khususnya ketika digunakan dalam perjalanan jarak jauh.

   Baca Juga: Basis Mesin Serupa, Lebih Irit Honda CB150R Streetfire atau CBR150R?

"Indikasi air radiator sudah perlu diganti itu di antaranya mesin cepat panas pada saat perjalanan jarak jauh serta lampu indikator terkadang menyala," jelas Adih.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.