Tips Perawatan Busi Motor, Kapan Harus Diganti?

Tips Perawatan Busi Motor, Kapan Harus Diganti?
Senin, 22 November 2021 09:00
Thio Pahlevi

Busi menjadi salah satu komponen yang perlu diperiksa dan diganti secara berkala. Busi sendiri memiliki fungsi untuk membakar campuran udara atau bahan bakar serta membantu melepas panas dari ruang pembakaran. Lalu, bagaimana cara merawat busi dan kapan waktu yang tepat untuk menggantinya?

"Busi berperan dalam memaksimalkan pembakaran di dalam ruang bakar, karena itu juga perlu diperhatikan perawatannya sehingga dapat berfungsi dengan baik. Dengan begitu mendukung performa mesin dan mengoptimalkan penggunaan bahan bakar," ujar Muslian, Manager Service Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers.

    Baca Juga: Tips Rawat Saringan Udara, Jaga Performa Motor Tetap Optimal

Muslian pun memaparkan sejumlah hal yang perlu diperhatikan untuk merawat busi. Pertama, perhatikan pembakaran di kepala busi. Jika berwarna hitam, hitam pekat atau putih, maka kemungkinan terdapat bagian komponen yang sudah mengalami keausan di dalam ruang bakar. Warna ideal pada busi umumnya sedikit lebih coklat pada bagian kepala.

Busi

"Pada penggunaan setiap 2.000 km-3.000 km harus dicek dan dibersihkan, cek karbon dan kerak, lalu dibersihkan insolatornya. Dilihat gap businya, diperiksa jangan terlalu renggang atau jauh. Jika terlalu jauh akan berakibat sulit untuk dinyalakan. Sedangkan jika terlalu dekat atau rapat akan mengakibatkan mesin cenderung panas," jelas Muslian.

   Baca Juga: Detail Spesifikasi Motor Listrik Mungil QUEST Atom Alpha

Dalam memilih busi, ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan, seperti ukuran, angka panas, dan penampilan fisik busi. Nah, kapan sebaiknya waktu yang tepat mengganti busi?

"Pada penggunaan setiap 2.000 km-3.000 km kami merekomendasikan wajib diganti sesuai kode busi masing-masing kendaraan. Dampaknya jika tidak diganti ketika penggunaannya melewati jarak pemakaian tersebut, maka performa motor atau mesin akan mengalami penurunan. Tidak hanya performa mesin menurun, bahkan dapat membuat bensin lebih boros," kata Muslian.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.