Tips Rawat Saringan Udara, Jaga Performa Motor Tetap Optimal

Tips Rawat Saringan Udara, Jaga Performa Motor Tetap Optimal

 

Perawatan serta pengecekan rutin komponen motor merupakan hal yang wajib dilakukan agar performanya tetap terjaga. Salah satu komponen yang perlu diperiksa dan bahkan diganti secara berkala adalah saringan udara atau filter udara. Komponen ini berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang bakar di mesin.

Agar kinerjanya tetap optimal, Agung Budi Raharja selaku Assistant General Manager Part Operation Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberikan tips merawat saringan udara pada motor. Menurutnya, terdapat beberapa langkah perawatan saringan udara motor, antara lain melakukan penggantian sesuai rekomendasi pabrikan.

   Baca Juga: Juara Dunia MotoGP 2020 Kesal Tak Menangkan Satu Balapan Pun di 2021

"Pembakaran yang sempurna di mesin dibutuhkan agar konsumen dapat menikmati performa motor yang optimal. Karenanya perlu diperhatikan komponen yang mendukung kinerja tersebut, termasuk di dalamnya adalah kualitas udara yang baik. Terkait hal itu, dibutuhkan kondisi saringan udara yang terawat dengan baik, bahkan diganti jika tidak layak digunakan lagi," ujar Agung.

Filter udara motor

Langkah perawatan pertama yakni lakukan servis berkala secara rutin. Dengan begitu dapat dilakukan pengecekan kondisi saringan udara oleh teknisi. Selanjutnya, disarankan mengganti saringan udara dengan pemakaian rata-rata setiap 12.000 km. Namun, hal ini tergantung dari jenis motor, kondisi jalan yang dilewati, cara pemakaian motor, dan cuaca yang dihadapi.

   Baca Juga: Siap Touring, Inspirasi Modifikasi Honda CB150X Bergaya Africa Twin

"Poin penting lainnya adalah menggunakan produk saringan udara yang direkomendasikan yang memiliki kualitas terpercaya dan terjamin keasliannya," jelas Agung.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id