Upgrade Ban Honda Scoopy, Apa yang Diperhatikan dan Berapa Ukuran Maksimalnya?

Upgrade Ban Honda Scoopy, Apa yang Diperhatikan dan Berapa Ukuran Maksimalnya?

 

Modifikasi menjadi salah satu cara untuk mempersonalisasi motor sesuai dengan identitas pemiliknya. Tak melulu penampilan, modifikasi bisa dilakukan di sektor performa, salah satunya di bagian ban. Nah, berikut OtoRider berikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memodifikasi sektor ban, khususnya untuk Honda Scoopy.

Pada bagian roda, Honda Scoopy memiliki ukuran pelek standar 12 inci dengan dibalut ban ukuran 100/90 di depan serta 110/90 di belakang. Lalu, berapa ukuran maksimal yang bisa ditingkatkan untuk kedua roda skutik tersebut?

   Baca Juga: Apakah Minyak Rem Motor Perlu Diganti? Kapan Waktunya?

Aldrin selaku Pemilik Ree Ban Motor Supplies pun memberikan penjelasannya. Menurutnya, untuk pemilik yang ingin mengganti penampilan Scoopy menjadi lebih gambot, bisa menggunakan ban ukuran seperti Vespa. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

All New Honda Scoopy

"Cuma memang kadang dilemanya kalau si Scoopy ini dia peleknya kan enggak lebar, makanya profil bannya itu dia tebal. Kadang orang pingin dilebarin, cuma opsi pilihan bannya itu tipis, profilnya 70. Jadinya enggak lebar, cuma jadi nge-donat saja. Efeknya sih mungkin lebih membulat sama agak pendek ground clearence motornya. Memang kalau dibandingin ya untuk manuver sebenarnya masih tetap enak ukuran standarnya kalau mengacu ke pelek," jelas Aldrin pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Aldrin menambahkan dengan tampilan tersebut bisa memakai ban berukuran 120/70 serta 130/70. Akan tetapi, tak banyak pilihan merek untuk ukuran tersebut dibandingkan dengan ukuran ban standarnya.

All New Honda Scoopy

"Tapi memang ada beberapa yang tampilannya pingin lebih nge-donat gitu. Biasanya lebih ke tampilan. Itu bisa pakai kaya ukurannya Vespa, 120/70 sama 130/70. Kalau up size-nya sih belakang saya saranin tetap 130, biasanya memang paling banyak per 70. Kalaupun ada per 80 itu biasanya cuma Pirelli SL60 model dual-purpose atau 120/80 itu ban balap biasanya kaya Pirelli Rosso SC bisa juga untuk belakang," ucap Aldrin.

   Baca Juga: Masih Stabil, Berikut Pantauan Harga Honda Supra X 125 Bekas

Sementara untuk ukuran ban standar, terdapat beberapa pilihan merek, antara lain Maxxis, Aspira, FDR, dan Kingland. Nah, bagaimana dengan banderol harganya? "Kalau harga sih kurang lebih untuk belakang itu dari Rp 240 ribuan ukuran standar tapi. Paling tingginya kisaran Rp 600 ribuan. Depan itu start harganya dari Rp 170 ribuan sampai kurang lebih Rp 600 ribuan juga," kata Aldrin.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id