3 Cara Menjaga Usia Pakai Komponen CVT Motor Matic Agar Tetap Awet

3 Cara Menjaga Usia Pakai Komponen CVT Motor Matic Agar Tetap Awet
Minggu, 21 Agustus 2022 17:05
Thio Pahlevi

Motor bertransmisi otomatis alias matic cukup diminati oleh pengendara di Indonesia. Berbeda dari tipe transmisi manual, motor matic dilengkapi komponen Continuously Variable Transmission (CVT). Serupa mesin, komponen CVT juga memiliki usia pakai dan memerlukan perawatan serta penggantian secara berkala.

Riyadi Prihantono selaku Koordinator Manager After Sales & Motor Sports PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) membagikan tips untuk merawat CVT. Lantas, bagaimana cara menjaga usia pakai komponen CVT motor matic agar tetap awet?

   Baca Juga: Daftar Pilihan dan Harga Lengkap Motor Honda per Agustus 2022

Riyadi mengungkapkan terdapat tiga hal yang diperlukan untuk menjaga umur komponen motor matic supaya tidak cepat aus. Hal tersebut terdiri dari menghindari gaya berkendara dengan hentakan atau bukaan gas secara tiba-tiba, melakukan perawatan komponen CVT matic yang tepat, dan tidak membawa beban atau muatan berlebihan.

Yamaha All New Aerox 155 Connected/ Aerox 155 Baru

Salah satu komponen di CVT motor matic adalah v-belt. Komponen ini umumnya diganti setiap pemakaian 20.000 km-25.000 km atau 20-25 bulan sesuai dengan anjuran buku petunjuk pemilik. Selain diganti, pemilik kendaraan juga perlu melakukan pengecekan rutin untuk membersihkan kotoran yang menempel.

   Baca Juga: Cari Motor Matic Seharga Rp 18 Jutaan ke Bawah? Berikut Pilihannya

"Sepeda motor matic menjadi pilihan mayoritas pengendara di Indonesia, karena dinilai lebih praktis dan nyaman digunakan. Namun selain menggunakannya, pengendara wajib mengetahui perawatan yang tepat agar dapat terus menikmati kenyamanan dan performa yang terbaik dari motor matic. Salah satunya perawatan v-belt sebagai komponen penting pada sepeda motor matic. Namun karena keberadaannya tidak terlihat, tepatnya di dalam sistem CVT motor matic, sehingga seringkali pengendara mengabaikan perawatannya," ujar Riyadi.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.