5 Tips yang Harus Diperhatikan Ketika Berkendara Saat Hujan

5 Tips yang Harus Diperhatikan Ketika Berkendara Saat Hujan

 

Musim hujan masih terus mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia hingga awal 2022 ini. Tentunya pengguna sepeda motor harus mewaspadai kondisi hujan agar perjalanan lebih aman dan nyaman. Berikut kami ingatkan kembali dengan tips yang harus diperhatikan ketika berkendara saat hujan.

Oriansah M selaku Instruktur Yamaha Riding Academy Babel dari Main Dealer Yamaha CV Sumber Jadi memberikan beberapa tips. Menurutnya terdapat beberapa cara untuk menghindari potensi bahaya berkendara saat musim hujan. Penerapan safety riding sangat diperlukan untuk menjaga diri sendiri dan pengendara lain.

"Kondisi cuaca terkadang tidak menentu, curah hujan yang kadang turun lumayan ekstrem membuat pengendara motor harus lebih waspada dan bijak saat berkendara. Faktor pengendara, kendaraan, lingkungan atau cuaca sangat mempengaruhi saat berkendara di musim hujan," ujar Oriansah dalam keterangan tertulis.

Berkendara Musim Hujan

Tips pertama adalah menjaga jarak aman saat kondisi hujan atau jalan yang basah. Hal ini dilakukan untuk menghindari kecelakaan dikarenakan jalan yang lebih licin. Jalan yang licin kerap membuat daya cengkram atau traksi pada motor semakin berkurang.

   Baca Juga: Ukuran Ban Honda CB150X, Masih Serupa CB150R Streetfire?

Kedua, selalu waspada dan tetap fokus terhadap keadaan sekitar. Baik itu kendaraan lain, jalan berlubang, atau ada orang yang menyebrang. Dengan tetap waspada dan fokus dapat membantu pengendara mengatur kecepatan pada titik yang aman.

Berkendara Musim Hujan

Selanjutnya adalah mengatur penggunaan rem secara halus dan perlahan. Menurut Oriansah, kondisi hujan membuat traksi atau daya cengkram roda ke permukaan jalan menjadi berkurang. Sehingga untuk menghindari terjadinya tergelincir saat pengereman, perlu mengatur tekanan rem dan jarak pengereman agar motor lebih mudah dikendalikan.

   Baca Juga: Jangan Asal Pakai, Pilih Jaket yang Aman dan Nyaman Saat Berkendara

Selain itu, jangan lupa menggunakan riding gear yang tepat, sesuai ukuran, dan berwarna cerah. Oriansah menuturkan riding gear diperlukan mulai dari sarung tangan, sepatu anti air, visor bening, hingga jas hujan model setelan.

Terakhir cek kondisi motor sebelum melakukan perjalanan di musim hujan. Pastikan kondisi rem pakem, kembangan ban bagus, tekanan ban sesuai standar serta elektrikal dan lampu berfungsi dengan baik.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id