6 Bagian Motor yang Perlu Dicek Usai Terendam Banjir Rob

6 Bagian Motor yang Perlu Dicek Usai Terendam Banjir Rob

 

Kota Semarang dan beberapa wilayah lainnya di sekitaran Pantai Utara Jawa Tengah mengalami bencana banjir rob. Sejumlah kerugian pun dialami oleh masyarakat sekitar, salah satunya adalah kendaraan seperti motor yang ikut terendam banjir.

   Baca Juga: Deretan Fitur Aprilia Tuareg 660 2022, Sudah Punya Cruise Control

Guna meminimalisir kerusakan, Tri Cahyo Pramono selaku Koordinator Service Yamaha DDS 3 Semarang membagikan beberapa tips perawatan motor setelah terendam banjir. Setidaknya terdapat enam bagian motor yang memerlukan pemeriksaan. Nah, apa saja komponen tersebut?

Servis Motor Usai Terendam Banjir Rob

Pertama, bersihkan motor. Cuci motor dengan air bersih serta sabun. Hal ini guna menghindari korosi atau karat akibat air laut yang bersifat korosif. Selanjutnya, cek kelistrikan motor atau jalur kabel. Tri Cahyo menghimbau untuk jangan langsung menghidupkan main switch atau kunci kontak. Pastikan jalur kabel atau rumah sekring kering dan bersih dari kotoran atau karat.

Tips yang ketiga adalah ganti oli mesin dan bagi motor matic dianjurkan mengganti oli gardan. Penggantian oli mesin dan oli gardan dilakukan setelah terkontaminasi dengan air. Jika perlu, lakukan overhaul untuk membersihkan bagian dalam mesin. Kemudian, cek filter udara. Apabila memang terendam, ganti filter udara dengan yang baru.

Servis Motor Usai Terendam Banjir Rob

Kelima, periksa busi dan tutup busi. Ganti busi dan pastikan cop busi sudah kering untuk mencegah kebocoran pengapian. Terakhir, tidak menghidupkan mesin. Tri Cahyo menyarankan jangan langsung menyalakan mesin. Pastikan lebih dulu sudah tidak ada air di dalam mesin. Hal terburuk yang terjadi adalah water hammer yang dapat merusak mesin.

   Baca Juga: Selain Vespa, Piaggio Indonesia Masih Akan Rilis Produk Baru di 2022

"Kami turut prihatin kepada semua masyarakat yang terdampak banjir rob. Sebagai salah satu kepedulian dari kami, Yamaha DDS 3 Semarang memberikan service gratis dan penggantian oli gratis kepada konsumen Yamaha. Untuk itu kami hadir di halaman Kelurahan Tanjung Mas Semarang tanggal 27-28 Mei 2022 untuk membantu masyarakat yang sepeda motornya terendam banjir. Tidak hanya merek Yamaha saja, tetapi semua sepeda motor kami bantu," kata Tri Cahyo.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id