Agar Awet dan Bekerja Maksimal, Simak 5 Tips Merawat Rem Tromol Motor!

Agar Awet dan Bekerja Maksimal, Simak 5 Tips Merawat Rem Tromol Motor!

 

Sistem pengereman pada motor saat ini umumnya memiliki dua tipe, yakni cakram dan tromol. Agar sistem pengereman memiliki usia pakai yang panjang serta bekerja optimal, pengecekan serta perawatan secara berkala tentunya perlu dilakukan. Lantas, bagaimana cara merawat rem motor, khususnya tipe tromol?

Muslian selaku Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) pun membagikan beberapa tips. Setidaknya terdapat lima tips merawat rem tromol pada motor. Nah, apa saja yang perlu dilakukan?

   Baca Juga: Kawasaki Luncurkan Motor Listrik pada 7 Juni 2022 Mendatang

Pertama, bersihkan rem tromol. Cara membersihkannya pun cukup dengan menggunakan kuas dan air sabun agar debu yang menempel pada kampas rem serta tromol hilang. Bila perlu, bersihkan juga kampas rem dengan menggunakan sikat kawat atau amplas kasar. Hal ini ditujukan supaya permukaannya menjadi kasar yang bisa memicu jepitan kampas rem ke tromol menjadi lebih pakem.

Yamaha All New Aerox 155 Connected/ Aerox 155 Baru

Selanjutnya, selalu periksa mekanisme kerja handle rem, kabel, dan tuas rem. Jika kondisi gerak bebas handle rem terlalu jauh atau di luar spesifikasi saat pengereman, segera lakukan penyetelan dengan memutar mur pada tuas rem di tromol.

Ketiga, cek kondisi bearing roda. Bearing roda yang sudah tidak pas akan memicu kampas rem tromol menjadi kurang rata. Oleh sebab itu, selalu sempatkan untuk melakukan pengecekan bearing roda secara berkala atau saat sedang membongkar roda belakang. Bila perlu, berikan grease atau minyak gemuk pada bearing roda tersebut agar putaran roda menjadi lancar.

Yamaha Fazzio Hybrid Connected

Tips berikutnya adalah segera bersihkan serta bilas bagian rem tromol dengan air usai terkena hujan. Ketika musim hujan, umumnya air yang bercampur dengan kotoran atau pasir dan debu akan turut masuk ke dalam sela di bagian as roda. Ini akan berpengaruh pada kualitas pengereman. Jika kondisi tersebut dibiarkan, maka akan merusak atau mengurangi kepakeman serta membuat rem menimbulkan suara berderit saat digunakan.

   Baca Juga: Deretan Fitur Aprilia Tuareg 660 2022, Sudah Punya Cruise Control

Terakhir, selalu cek kampas rem. Periksa kondisi ketebalan kampas rem dengan melihat tanda indikator 'segitiga' keausan rem pada tangkai rem di tutup tromol. Jika ketebalan kampas rem sudah di luar ketentuan atau sudah mulai menipis, maka Anda harus mengganti kampas remnya.

"Mengingat pentingnya keberadaan rem pada sepeda motor misalnya terkait rem tromol yang digunakan, konsumen perlu memperhatikan perawatannya. Kondisi rem tromol yang bagus dan terawat tentunya sangat membantu pengguna motor dalam keselamatan berkendara dan ikut melancarkan aktivitas," ujar Muslian.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id