Apa Efeknya Mengisi Oli Shock Breaker Terlalu Banyak?

Apa Efeknya Mengisi Oli Shock Breaker Terlalu Banyak?
Jumat, 20 Mei 2022 09:00
Ruslan Abdul Gani

Salah satu perawatan yang diperlukan agar performa shock breaker motor selalu prima adalah melakukan penggantian oli shock secara rutin. Namun, saat mengisi oli shock ada yang lebih banyak dari ukuran standar atau melebihi kapasitas. Lantas, apa efeknya?

Dijelaskan Eko Cahyono selaku pemilik Klinik Shock, efek mengisi oli shock lebih banyak pastinya akan membuat karakter shock breaker menjadi lebih keras.

   Baca Juga: Honda Merilis SH150i Versi Terbaru, Mesinnya Mirip PCX 160

“Hal itu disebabkan oleh jarak main shock jadi terbatas. Seharusnya antara suling shock ada ruangan untuk meredam. Tapi saat diisi penuh sudah tertahan oleh oli sehingga jarak main shock menjadi pendek dan bikin shock keras," kata Eko saat ditemui OtoRider di wilayah Krukut, Depok, Jawa Barat.

Efek Mengisi Oli Shock Terlalu Banyak

Lebih lanjut, Eko menganjurkan sebaiknya untuk volume oli bagusnya ikut rekomendasi pabrikan saja. Kemudian, untuk setiap motor kapasitas olinya berbeda-beda, seperti di matic Yamaha 115 cc umumnya berukuran 60 ml. Sedangkan, matic bongsor Yamaha NMax pakai 75 ml.

   Baca Juga: Bastianini Juara MotoGP Prancis, Bagnaia: Saya Tidak Terkejut

"Lebih baik volumenya sesuai dengan anjuran pabrik saja. Kalau mau empuk atau keras main di kekentalan oli shock breaker-nya saja, karena kalau kapasitas oli kelebihan satu mililiter saja sudah beda karakter shock-nya," ujar Eko.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.