Kapan Oli Shock Breaker Depan Motor Perlu Diganti? Ini Waktu Idealnya

Kapan Oli Shock Breaker Depan Motor Perlu Diganti? Ini Waktu Idealnya

 

Seiring pemakaian ternyata oli shock breaker juga perlu dilakukan penggantian, layaknya oli di mesin motor. Oli shock yang sudah lama dipakai tentunya akan mengalami penurunan kualitas.

Jangan tunggu sampai shock breaker rusak, sebaiknya oli shock diganti secara berkala setelah dipakai dalam jangka waktu tertentu. Lantas, kapan waktu yang tepat mengganti oli shock?

   Baca Juga: Punya Kemasan Baru, Berikut Harga Oli Resmi Honda untuk Tiap Motor

“Bukan hanya oli mesin, oli shock juga perlu penggantian, kualitas dan kapasitas oli shock juga bisa mengalami penurunan sehingga bikin kerja shock tidak maksimal,” ucap Eko Cahyono, Pemilik Bengkel Klinik Shock yang berada di wilayah Krukut, Depok, Jawa Barat.

Efek Mengisi Oli Shock Terlalu Banyak

Kalau dilihat secara fisik memang tidak ada kerusakan seperti bocor, tetapi karakter shock pasti sudah berubah karena kondisi oli di dalamnya sudah menurun. Salah satu cirinya adalah bantingan shock jadi lebih keras. Selain itu, saat ditekan, shock terasa empuk sekali.

   Baca Juga: Marquez: Kami Perlu Banyak Memahami Motor dan Gaya Berkendara Saya

“Kalau anjuran saya sebaiknya dilakukan penggantian setahun sekali. Karena berdasarkan pengalaman, oli shock yang umurnya sudah setahun rata-rata sudah tidak bagus, berlumpur serta encer,” jelas Eko saat disambangi OtoRider.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id