Awas! Ini Akibatnya Jika Jarang Bersihkan Suspensi Motor

Awas! Ini Akibatnya Jika Jarang Bersihkan Suspensi Motor
Senin, 18 April 2022 11:35
Thio Pahlevi

Suspensi atau shockbreaker menjadi salah satu komponen penting pada motor. Selain memberikan kenyamanan saat berkendara, suspensi juga berfungsi untuk menjaga handling motor. Agar tetap bekerja maksimal, suspensi juga memerlukan perawatan secara berkala.

Muslian selaku Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) pun membagikan beberapa tips merawat suspensi. Salah satu hal yang perlu dijaga agar komponen suspensi tetap awet adalah dengan rutin dibersihkan.

   Baca Juga: Jangan Sembarangan Bersihkan Busi Tipe Iridium, Begini Risikonya!

Jika suspensi jarang dibersihkan dan kotoran dibiarkan menempel, maka akan berisiko merusak komponen tersebut. Bahkan, parahnya bisa menyebabkan kebocoran.

Yamaha All New R15 Connected dan All New R15 Connected-ABS

Muslian mengatakan kotoran yang menempel di area kerja suspensi jika tidak dibersihkan akan membuat lecet inner tube atau batang suspensi. Hal ini pun berpotensi menyebabkan suspensi mengalami kebocoran dan menurunkan kualitas kerja suspensi. 

   Baca Juga: April 2022, Berikut Daftar Pilihan dan Harga Baru Motor Matic Suzuki

Muslian menghimbau, sebaiknya cuci motor secara berkala dan bersihkan area suspensi dengan seksama. Jika kehujanan, maka segera bilas atau cuci motor. Pastikan juga area suspensi aman. Sifat korosi air hujan bisa merusak suspensi secara perlahan-lahan.

"Suspensi memiliki peran penting agar sepeda motor tidak menerima terlalu banyak beban akibat guncangan yang terjadi. Mengingat pentingnya peran suspensi pada sepeda motor, maka kami memberikan beberapa tips dalam perawatan suspensi agar awet dan mendukung aktivitas berkendara dengan lancar," kata Muslian.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.