Awas! Karena Hal Sepele Ini, Kunci Kontak Motor Jadi Gampang Kendur

Awas! Karena Hal Sepele Ini, Kunci Kontak Motor Jadi Gampang Kendur
Jumat, 2 Desember 2022 13:00
Ruslan Abdul Gani

Seiring pemakaian, pasti ada saja komponen di motor yang mengalami kerusakan, seperti kunci kontak yang kendur atau dol. Lubang kunci yang masih baik saat dalam posisi ON, maka tidak bisa dicabut. Namun, jika sudah rusak, saat posisi ON kunci dapat dicabut dan mesin menyala tanpa kunci. 

Hal itu tentu saja merepotkan, sebab kunci bisa tanpa sadar jatuh di jalan dan bikin motor mudah dicuri. Lantas, apa penyebab kunci kontak bisa kendur atau dol?

   Baca Juga: Awas! Hal Ini Bisa Bikin Kunci Kontak Motor Macet Saat Musim Hujan

Kunci Kontak Macet

Menurut Ian selaku pemilik Tian Kunci, penyebab kunci kontak mudah kendur itu ada beberapa faktor, salah satunya karena tidak dirawat. "Lubang kunci juga perlu dirawat agar tidak macet, biasanya saat macet terus dipaksa diputar itu bisa jadi penyebab kunci kendur atau dol," ujar Ian saat ditemui OtoRider di Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Kondisi lubang kunci yang berada di luar membuat air hujan serta debu kotoran mudah masuk ke bagian dalamnya dan menyebabkan kotor, bahkan berkarat. Hal tersebut yang membuat kondisi kunci kontak jadi macet atau seret.

Cara perawatanya bisa dengan rutin menyemprotkan cairan penetran secara berkala. "Rutin semprotkan cairan penetran atau pelumas untuk mencegah karat di lubang kunci kontak," terang Ian.

   Baca Juga: Tips Perawatan Dashboard Setelah Pemakaian Diton Dashboard Coating

Selain itu, sering menggunakan gantungan kunci yang terlalu berat juga bisa membuat kunci cepat kendur atau dol. "Pakai gantungan kunci yang berat atau digabung dengan kunci-kunci lain yang berat juga bikin kunci motor cepat kendur atau dol. Sebaiknya gunakan gantungan yang ringan saja,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.