Awas! Hal Ini Bisa Bikin Kunci Kontak Motor Macet Saat Musim Hujan

Awas! Hal Ini Bisa Bikin Kunci Kontak Motor Macet Saat Musim Hujan

 

Pada saat musim hujan beberapa komponen yang ada di motor sering mengalami masalah, salah satunya yaitu kunci kontak macet. Hal tersebut tentunya bikin merepotkan, karena motor tidak bisa menyala jika kuncinya macet.

Ian selaku pemilik Tian Kunci menjelaskan kondisi kunci macet itu disebabkan oleh korosi atau karat. "Karat tersebut disebabkan oleh air hujan yang masuk ke dalam lubang kunci dan mengendap. Posisi rumah kunci motor ini rawan kemasukan air hujan, apalagi kalau sering parkir di tempat terbuka," ujar Ian saat ditemui OtoRider di Cilodong, Depok, Jawa Barat.

   Baca Juga: Simak! Ini Tanda Baterai Remote Keyless Motor Sudah Mulai Lemah

Kunci Kontak Macet

Lebih lanjut, Ian menambahkan kondisi karat pada lubang kunci ini berbeda dengan yang dialami pada bahan besi umumnya. "Lubang kunci ini kan bahannya bukan dari besi, jadi karatnya itu bukan yang berwarna orange kuning, tapi berbentuk seperti serbuk putih," ucap Ian.

Karat yang berupa serbuk putih tersebut disebabkan oleh air hujan yang mengendap di dalam lubang kunci. "Sifat air hujan ini kan asamnya tinggi jadi memang bikin karat, kalau dibiarkan kunci akan macet," jelasnya.

Kunci Kontak Macet Saat Musim Hujan? Begini Cara Atasinya

Jika sudah mengalami hal tersebut, Ian mengimbau agar tidak memaksa memutar kuncinya. "Sebaiknya jangan dipaksa, takutnya anak kunci bisa patah atau paling ringan bengkok," wantinya.

   Baca Juga: Segini Biaya Ganti Baterai Remote Keyless, Ada yang Bergaransi

Untuk mencegah hal itu, Ian menyarankan para pemilik motor rajin menyemprotkan cairan penetran ke lubang kunci, terutama saat musim hujan.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id