Awas! Kondisi Rem Cakram Seret Bisa Bikin Motor Boros Bensin

Awas! Kondisi Rem Cakram Seret Bisa Bikin Motor Boros Bensin
Rabu, 5 Oktober 2022 13:00
Ruslan Abdul Gani

Motor yang boros bahan bakar tentunya membuat biaya pengeluaran membengkak. Penyebabnya pun beragam, salah satu yang harus diwaspadai adalah kondisi cakram rem seret atau agak macet. Kondisi tersebut ternyata juga bisa membuat konsumsi bensin motor jadi lebih boros.

Adi Danu selaku Kepala Bengkel Pro Matic menjelaskan kondisi cakram yang seret atau tidak lancar berpotensi menjadi penyebab motor boros bahan bakar. “Karena, jika cakram dalam kondisi seret, tentunya laju motor akan terus tertahan oleh rem cakram yang terus menempel pada piringan,” ucap Danu saat ditemui OtoRider  di Cilangkap, Jakarta Timur.

Lebih lanjut, Danu menjelaskan pada saat rem macet dan menahan laju putaran roda tentunya tarikan motor akan terasa lebih berat. “Jadi pengendara harus menambah putaran gas lebih banyak supaya motor bisa melaju. Alhasil bahan bakar akan lebih banyak yang terbuang, motor pastinya lebih boros,” jelas Danu.

Sistem Pengereman ABS

Makanya, Danu menyarankan untuk lebih sering memeriksa kondisi sistem pengereman di motor. “Sebaiknya cek sistem pengereman seminggu sekali, dengan memutar rodanya macet atau tidak. Karena penyebabnya bukan hanya dari kondisi kampas rem yang tipis, meski masih tebal juga bisa saja macet,” tuturnya.

Biasanya kondisi pengereman yang agak macet itu disebabkan oleh kondisi piston kaliper yang menumpuk kotoran. “Kotoran yang menumpuk di dalam kaliper membuat kinerja pergerakan piston terganggu, makanya jadi seret atau tidak lancar,” terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.