Bahaya, Bermain Motor Off-Road Disarankan Tidak Sendirian

Bahaya, Bermain Motor Off-Road Disarankan Tidak Sendirian

 

Pengguna motor off-road alias trail biasanya memiliki hobi untuk menjelajah jalan tanpa aspal. Biasanya penjelajahan seperti ini dilakukan dalam rute-rute terpencil melalui jalan pedesaan. Karena berbahaya dan memiliki potensi jatuh, disarankan agar tidak melakukan penjelajahan sendirian.

Hal tersebut disarankan oleh Muhammad Arief selaku Trainer Yamaha Riding Academy. Menurut Arief, ketika terjatuh di jalur off-road disarankan tidak langsung menaikkan motor. Karena menurutnya pengendara yang baru terjatuh, biasanya tidak kuat untuk mendirikan motor sendiri.

   Baca Juga: 6 Tips Merawat Motor Saat Libur Tahun Baru, Yakin Sudah Tahu?

"Kalau jatuh, jangan langsung berusaha berdiriin motor. Kenapa? Karena orang jatuh rasa ragu-ragunya masih tinggi. Misalnya terjatuh pasti enggak kuat buat berdiriin motor, jangankan motor yang berat, yang ringan pun pasti enggak kuat," ujar Arief saat ditemui di Sentul, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Komunitas Yamaha Aerox dan WR 155R

Oleh karenanya, menurut Arief lebih baik untuk membawa teman saat melintasi jalur off-road. Sehingga jika terjatuh, dapat meminta pertolongan untuk mendirikan motor. "Makanya kalau jatuh jangan sendiri, minimal berdua, jadi kalau ada yang jatuh bisa bantuin," pungkasnya.

   Baca Juga: Main di Jalur Off-Road Harus Siap Korbankan Motor Terjatuh

Di sisi lain, Arief berpendapat saat akan terjatuh di jalanan off-road sebaiknya pengendara tidak menahan motor. Hal ini dikarenakan lintasan off-road memiliki kontur jalan yang tidak tetap, sehingga akan sulit untuk menahan motor dari jatuh. 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id