Main di Jalur Off-Road Harus Siap Korbankan Motor Terjatuh

Main di Jalur Off-Road Harus Siap Korbankan Motor Terjatuh

 

Bermain di jalur off-road biasanya membutuhkan motor yang didesain khusus seperti sebuah motor trail. Selain motor yang dibuat khusus, berkendara di jalur off-road juga harus mempersiapkan banyak hal. Salah satunya adalah merelakan motor rusak karena terjatuh.

Muhammad Arief selaku Trainer Yamaha Riding Academy mengatakan saat pengendara motor trail terjatuh di medan off-road semuanya harus serba cepat. Pengendara diharapkan memiliki insting dan pemikiran cepat untuk menyelamatkan diri. Salah satunya dengan membiarkan motor terjatuh dan tidak perlu ditahan.

   Baca Juga: Bahaya Jelajah Lintasan Off-Road Pakai Motor Trail Sembari Berboncengan

"Kalau jatuh diharapkan, ketika mau jatuh, motor itu pas kurang stabil kan pengendaranya bisa tahu nih. Sebisa mungkin mikirnya cepat, insting cepat, feeling cepat, dan reaksinya juga cepat. Misalnya motor jatuhnya ke kiri nih, ya kita harus siap lepas motor," ujar Arief ketika ditemui beberapa waktu lalu.

Komunitas WR Owners Indonesia (WOI) Yamaha WR 155R

Menurut Arief, saat terjatuh di medan off-road memang harus bersedia motornya menjadi rusak. Karena di medan off-road memiliki kontur jalan yang beragam, sehingga tidak memungkinkan untuk menahan motor agar tak jatuh. Namun Arief mengingatkan, pada saat bermain motor off-road, harus memiliki pemikiran agar tidak jatuh.

   Baca Juga: 6 Tips Merawat Motor Saat Libur Tahun Baru, Yakin Sudah Tahu?

"Kenapa harus lepas motor, karena jangan diusahain dipegang atau tahan. Karena kontur di jalan off-road itu bebatuan ya, jadi kalau motor itu jatuh bebatuan itu bisa gelinding. Kalau di on-road kan enak aspal masih bisa nahan, kalau di off-road ya udah gelindingin saja sama motornya. Tapi mindset-nya juga jangan sampai jatuh dulu, biar enggak jatuh beneran," pungkasnya.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id