Berkenalan dengan Ban Motor Tubeless, Tubetype, Radial, dan Bias

Berkenalan dengan Ban Motor Tubeless, Tubetype, Radial, dan Bias
Kamis, 14 April 2022 11:00
Thio Pahlevi

Ban menjadi komponen pada motor yang bersentuhan langsung dengan jalanan. Ban sendiri memiliki beragam tipe dan jenis konstruksi yang berbeda. Istilah pada ban, khususnya motor yang sering didengar antara lain adalah Tubeless, Tubetype, Radial, dan Bias.

Lantas, apa arti dari istilah-istilah pada ban motor tersebut? Muslian selaku Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) pun memberikan penjelasan lengkapnya.

   Baca Juga: VIDEO: Tes Lengkap New Honda Genio 2022 Buat Riding Harian

"Keberadaan dan fungsi ban sangat penting dalam melancarkan aktivitas berkendara pengguna sepeda motor. Untuk itu perlu dipahami juga mengenai peran ban serta cara memilih ban sepeda motor. Kami memberikan beberapa penjelasan dan informasi mengenai hal itu yang dapat menjadi masukan bagi konsumen," kata Muslian dalam keterangan tertulis.

Ban motor

Muslian mengatakan ban tubeless tidak menggunakan ban dalam dan tak mudah bocor saat terkena benda tajam. Sementara itu, ban tubetype didukung komponen ban dalam dan bisa digunakan pada pelek model Cast Wheel (CW) atau Spoke Wheel (SW).

   Baca Juga: Tarikan Awal Honda BeAT Berat? Berikut Cara Mengatasinya

Di sisi lain, radial merupakan tipe ban yang menggunakan lapisan serat baja. Sedangkan, ban bias memakai lapisan dan bahan serat nilon. Ban radial memiliki konstruksi kuat untuk grip, bobot ban lebih ringan, dan umur ban lebih panjang. Sementara, kontruksi ban bias lebih kuat untuk menahan bobot yang berat serta dinding ban lebih kuat.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.