Berpapasan dengan Kendaraan Berlampu Menyilaukan, Apa yang Harus Dilakukan?

Berpapasan dengan Kendaraan Berlampu Menyilaukan, Apa yang Harus Dilakukan?
Rabu, 3 Agustus 2022 15:00
Benny Averdi

Berkendara di malam hari tentunya memerlukan sinar dari lampu utama untuk menerangi jalan. Namun, terkadang ada kendaraan yang tidak mengatur arah sinarnya. Sehingga, sinar lampu menyilaukan pengendara dari arah berlawanan.

Tak sedikit pula terjadi pada motor. Dengan lampu superterang, arahnya pun tidak ke jalan, melainkan lurus ke depan. Sehingga, menyorot ke pengendara dari arah berlawanan. Lantas, apa yang harus dilakukan?

Yamaha All New Aerox 155 Connected/ Aerox 155 Baru

“Pada umumnya, manusia akan menatap ke arah sumber cahaya,” ujar Catur Wibowo, Instruktur Defensive Driving/Riding. “Makanya motor siang hari harus menghidupkan lampu, agar mudah terlihat oleh pengendara lain,” ucapnya.

Tetapi saat malam hari, sinar lampu tidak boleh menyilaukan, karena membahayakan. “Ada cara agar mata kita tidak silau,” ungkap lelaki asal Klaten, Jawa Tengah itu. Ia menyarankan tidak menatap arah sinar dan mencari pandangan lain. Misal sisi kiri bawah jalanan, sehingga Anda masih dapat melihat patokan arah jalan.

“Kalau dialihkan, mata kita tidak silau, posisi kendaraan juga bisa diarahkan sesuai jalannya,” kata Catur.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.