Kendaraan Listrik di Indonesia Didominasi Pengguna Motor

Kendaraan Listrik di Indonesia Didominasi Pengguna Motor

 

Sejak keluarnya Perpres 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, semakin banyak pengguna kendaraan listrik di Indonesia.

Dari data yang disampaikan oleh Kementerian Perhubungan hingga Juli 2022, jumlah sepeda motor listrik yang sudah mendapatkan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) sebanyak 19.698 unit.

   Baca Juga: Kebiasaan Sepele Ini Bisa Sebabkan Kabel Rem Vespa Matic Bermasalah

Melalui data ini juga, motor listrik menjadi yang pertama dalam jumlah pemakaian kendaraan listrik, mengalahkan mobil listrik yang saat ini lebih dikenal masyarakat dari pada motor.

Keeway

    Baca Juga: Pertengahan 2022, Smoot Miliki 600 Titik Swap Baterai Motor Listrik

Pengguna mobil listrik sendiri sebanyak 2.654 unit dan kendaraan roda 3 sekitar 270 unit. Sementara untuk bus listrik 43 unit serta mobil barang 6 unit.

“Sampai dengan sekarang, untuk jumlah kendaraan listrik, baik sepeda motor maupun roda empat yang sudah kami keluarkan SRUT-nya oleh Kementerian Perhubungan itu sekitar 22.671 unit,” ujar Staf Utama Menteri Perhubungan Bidang Transportasi Darat dan Konektivitas, Budi Setiyadi pada acara PEVS 2022, (30/7).

   Baca Juga: NIU dan Smoked Garage Rilis Motor Listrik Custom Edisi Terbatas

Kolaborasi SWAP dan Baterai ABC untuk Motor Listrik

Sementara itu, di tengah tren sepeda motor listrik yang berkembang, pabrikan lokal turut menyemarakkan industri ini. SWAP Energi Indonesia resmi menjalin kerja sama dengan PT International Chemical Industry (Baterai ABC Lithium).

Melalui kerja sama ini, SWAP Energi Indonesia yakin dapat menciptakan solusi terbaik bagi aktivitas pengendara motor listrik di Indonesia. Hingga kini, baik baterai cell cylindrical maupun dalam bentuk pack telah dibuat oleh Baterai ABC.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id