Berperan Penting di Kelistrikan, Ini Tips Merawat Spull Motor

Berperan Penting di Kelistrikan, Ini Tips Merawat Spull Motor
Rabu, 19 Oktober 2022 12:45
Thio Pahlevi

Spull atau generator merupakan salah satu komponen penting pada sistem kelistrikan motor. Komponen tersebut berfungsi sebagai pembangkit listrik pada motor. Komponen ini menyuplai arus listrik dengan mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Agar tetap bekerja optimal, spull juga perlu dicek dan dirawat secara berkala.

Tips merawat spull pun dibagikan oleh Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) melalui keterangan resminya. Lantas, bagaimana cara merawat spull motor?

   Baca Juga: Menteri BUMN: Motor Listrik Buka Peluang Lapangan Kerja Baru

Pertama, rutin memeriksa volume dan mengganti oli mesin. Jika oli berkurang, maka panas pada mesin akan menjadi berlebihan. Sehingga, kumparan kawat tembaga pada spull akan mudah hangus karena sering terpapar panas yang terlalu berlebihan dari mesin.

Spull Motor

Selanjutnya, bersihkan area spull beserta kumparannya. Apabila kedua area tersebut memiliki banyak kotoran, maka bisa menyebabkan terganggunya suplai arus. Bahkan, aki berpotensi menjadi soak. Kotoran yang dibiarkan menumpuk juga bisa menyebabkan karat.

   Baca Juga: Cara Atasi Penyakit Bunyi Berdecit yang Sering Timbul di Vespa Matic

Terakhir, gunakan aksesori sewajarnya. Terdapat beberapa contoh aksesori seperti lampu tembak, klakson bahkan sekarang ini ada yang memasang pemutar musik di motor. Kalau tidak sesuai dengan kapasitas daya yang dihasilkan spull, hasilnya spull bakal panas dan terbakar. Sebaiknya hindari penggunaan aksesori yang menggunakan daya listrik secara berlebihan untuk menghindari spull motor bermasalah.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.