Biar Tidak Cepat Bocor, Berikut Tips Merawat Shock Breaker Motor

Biar Tidak Cepat Bocor, Berikut Tips Merawat Shock Breaker Motor
Rabu, 25 Mei 2022 09:05
Ruslan Abdul Gani

Shock breaker di motor memiliki peran penting untuk meredam guncangan serta memberikan kenyamanan saat berkendara. Kurangnya perawatan akan menyebabkan shock breaker mengalami kebocoran.

Tentunya kenyamanan saat berkendara akan sangat terganggu bila shock breaker depan atau belakang rusak. Lantas, bagaimana cara merawat shock breaker yang benar biar tidak mudah bocor?

   Baca Juga: Baru Disegarkan, Ini Daftar Pilihan Warna Lengkap Kawasaki W175 Series

“Salah satu yang paling penting dilakukan dalam merawat shock breaker yaitu menjaga kebersihan. Sebaiknya rajin mencuci motor dan membersihkan area as shock breaker-nya, apalagi saat habis terkena cipratan air hujan,” ujar Eko Cahyono, Pemilik Klinik Shock yang berada di wilayah Krukut, Depok, Jawa Barat.

Berikut Tips Merawat Shock Breaker Motor

   Baca Juga: Aprilia SR GT 200 dan GT Sport Rilis di Malaysia, Harga Rp 60 Jutaan

Cara membersihkannya, bilas menggunakan air ke seluruh bagian, terutama bagian shaft atau as shock agar tidak ada debu atau kotoran yang masuk menembus seal atau karet. “Seal sobek itu biasanya disebabkan karena banyaknya debu yang masuk, sehingga mengikis bagian seal,” ucap Eko saat disambangi OtoRider.

Kemudian, perawatan berkala juga perlu rutin dilakukan, seperti  mengganti oli shock breaker-nya. “Perawatan yang juga penting yaitu sebenarnya setiap satu tahun sekali sebaiknya lakukan penggantian oli shock,” terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.