Biaya Engine Flush di Mesin Motor, Mulai Rp 25 Ribuan

Biaya Engine Flush di Mesin Motor, Mulai Rp 25 Ribuan

 

Motor yang sering digunakan pasti akan membuat komponen di dalam mesin menjadi kotor akibat kerak oli. Biasanya untuk menghilangkan kotoran tersebut bisa dengan cara engine flush. Engine flush merupakan cairan atau chemical dengan formula khusus guna merontokkan deposit yang muncul di ruang mesin. Lantas, berapa biaya engine flush buat mesin motor?

Banyu Sasongko selaku pemilik Beprolube yang merupakan toko spesialis oli mesin motor mengatakan biaya engine flush tergantung dari kapasitas mesin.

   Baca Juga: Jadwal MotoGP Inggris 2022: Quartararo-Bagnaia Siap Bersaing!

“Misalnya untuk motor yang kapasitas oli mesinnya 1 liter ke bawah, biayanya Rp 25 ribu," ucap Banyu kepada OtoRider di wilayah Lebak Bulus, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Apa Sih Manfaat Engine Flush Saat Ganti Oli Mesin Motor

Kemudian, motor dengan kapasitas oli mesin di atas satu liter dibanderol lebih mahal. Hal itu disebabkan karena membutuhkan cairan engine  flush yang lebih banyak. "Untuk mesin motor yang butuh oli mesin 1,5 liter seperti motor 250 cc misalnya Kawasaki Ninja 250 dan Yamaha XMAX, biayanya Rp 35 ribu," ujar Banyu.

   Baca Juga: Husqvarna Norden 901, Motor Adventure dengan Banyak Fitur

Cara penggunaan engine flush sendiri yaitu memasukan cairan khusus yang dicampurkan ke oli mesin lama sebelum dibuang. "Untuk takaran satu liter oli biasanya membutuhkan 25 sampai 30 ml cairan engine flush,” jelasnya.

Penggunaan cairan engine flush ini juga berfungsi sebagai perontok kandungan zat adifit oli lama yang menempel di komponen mesin. Sehingga, bisa terbuang bersama oli mesin lama saat penggantian. Jadi, kalau ingin ganti merek oli baru bisa merasakan perbedaannya.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id