Catat! Berikut Waktu Ideal Penggantian V-Belt Motor Matic

Catat! Berikut Waktu Ideal Penggantian V-Belt Motor Matic
Sabtu, 16 Juli 2022 10:00
Thio Pahlevi

Motor matic menjadi alat transportasi yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Agar tetap bekerja optimal, motor matic juga memerlukan perawatan secara berkala. Salah satu bagian penting yang perlu diperhatikan pada motor matic adalah area Continuously Variable Transmission (CVT), khususnya komponen V-Belt.

Riyadi Prihantono selaku Koordinator Manager After Sales & Motor Sports PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberikan penjelasan mengenai perawatan V-Belt pada CVT motor matic. Menurutnya, pengendara seringkali mengabaikan komponen ini.

   Baca Juga: Indikasi Shockbreaker Motor Sudah Perlu Diganti, Cek 2 Fungsi Ini!

"Sepeda motor matic menjadi pilihan mayoritas pengendara sepeda motor di Indonesia karena dinilai lebih praktis dan nyaman digunakan. Namun selain menggunakannya, pengendara wajib mengetahui perawatan yang tepat agar dapat terus menikmati kenyamanan dan performa yang terbaik dari motor matic. Salah satunya perawatan V-Belt sebagai komponen penting pada sepeda motor matic. Namun karena keberadaannya tidak terlihat, tepatnya di dalam sistem CVT motor matic sehingga seringkali pengendara mengabaikan perawatannya," kata Riyadi.

Ini Waktu Yang Tepat Servis CVT Motor Matic

V-Belt menjadi salah satu komponen motor matic yang berfungsi menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang. Semakin sering motor digunakan, maka semakin aktif V-Belt bergerak. Lantas, kapan waktu ideal untuk mengganti V-Belt motor matic?

   Baca Juga: Cicilan Honda ADV160, Per Bulan Mulai Dari Rp 1,3 Jutaan

Riyadi mengatakan pada umumnya penggantian V-Belt yang tepat dilakukan saat motor mencapai jarak tempuh sekitar 20.000 km-25.000 km (20-25 bulan) atau sesuai dengan anjuran buku petunjuk pemilik. Namun, pengendara juga dapat menjaga performa motor dengan pengecekan V-Belt secara rutin sesuai jadwal servis berkala di bengkel resmi terpercaya. Hal ini berguna untuk membersihkan kotoran yang ada pada V-Belt.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.