Catat! Ini Waktu yang Tepat untuk Ganti Busi Honda ADV160

Catat! Ini Waktu yang Tepat untuk Ganti Busi Honda ADV160

 

Busi merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pengapian motor. Sebab, busi memiliki fungsi memberikan percikan api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar. 

Busi sendiri menjadi satu di antara banyaknya komponen fast moving pada motor yang perlu diperiksa dan diganti secara berkala. Nah, kapan sebaiknya busi diganti, khususnya pada Honda ADV160 yang baru diluncurkan PT Astra Honda Motor (AHM) beberapa waktu lalu?

   Baca Juga: Honda Beri Promo Pembelian Motor Baru, Diskon Sampai Rp 3 Jutaan

"Busi itu harus diganti setiap 8.000 kilometer. Kalau tidak diganti dapat menyebabkan masalah," kata Nurdin, Kepala Mekanik Honda DAM pada OtoRider.

Busi Panas Dan Busi DIngin

Nurdin mengatakan ketika busi lupa diganti, maka akan menyebabkan tarikan motor kurang maksimal. Bahkan, terkadang juga bisa membuat motor mati tiba-tiba. Tak hanya itu saja, konsumsi bahan bakar turut berpengaruh. 

"Tentu berpengaruh, karena pembakaran sudah kurang maksimal. Sehingga, bahan bakar yang akan keluar lebih banyak dari biasanya," tambahnya. 

   Baca Juga: Komparasi Spesifikasi Honda CBR250RR Baru dan Lama, Apa yang Beda?

Ia juga menyarankan untuk tak melihat dari kilometer saja. Ketika sudah memasuki jadwal servis keempat, busi juga harus diganti dengan yang baru.

"Terhitung yang mana tercapai terlebih dahulu. Kalau belum tercapai di kilometer, harus tetap diganti karena bisa saja kabel bermasalah," ucapnya.

 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id