Honda New CBR250RR Tetap Punya Quick Shifter, Mekanismenya Masih Sama?

Honda New CBR250RR Tetap Punya Quick Shifter, Mekanismenya Masih Sama?

 

Honda CBR250RR bisa dibilang motor pertama yang menggunakan teknologi Quick Shifter (QS) di kelas 250 cc dua silinder. Fitur ini memungkinkan pengendara memindahkan tuas gigi transmisi tanpa perlu menarik kopling.

Sistem ini sendiri baru berfungsi saat kecepatan mesin lebih dari 1.500 rpm ketika naik gigi dan lebih dari kecepatan stasioner saat turun gigi. Jika kopling ditarik, quick shifter tidak berfungsi.

   Baca Juga: GALERI: New Honda CBR250RR Punya Bodi dan Fitur Baru

Dengan adanya fitur ini, perpindahan gigi bisa berlangsung lebih cepat. Sehingga, akselerasi maupun deselerasi berlangsung dengan baik. Honda CBR250RR generasi sebelumnya memiliki empat mode pada QS-nya. Lantas, apakah fitur serupa masih dipertahankan pada New Honda CBR250RR yang baru saja diluncurkan?

New Honda CBR250RR 2022

“Sama seperti CBR250RR tahun 2020, Quick Shifter-nya memiliki empat mode juga,” ujar Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM). Pertama, Quick Shifter aktif saat upshift maupun downshift. Jadi, saat memindahkan transmisi ke yang lebih tinggi maupun lebih rendah, sistem ini akan aktif.

   Baca Juga: Performa Meningkat, Ini Detail Spesifikasi Lengkap New Honda CBR250RR

Kedua, QS hanya aktif saat menaikkan gigi (upshift). Ketiga, QS berfungsi ketika menurunkan gigi (downshift) saja. Sementara yang keempat, QS bisa diatur dalam mode Off.

Nah, jadi buat pengguna sebelumnya yang sudah memiliki fitur QS dan ingin menggunakan CBR250RR baru, tak ada perbedaan sama sekali dari mekanismenya. Sementara, bagi pengguna baru, bisa mencoba dan merasakan sensasi mengasyikkan dari QS ini.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id