Oversquare Engine, Ini yang Bikin Karakter ADV160 Beda Dari ADV150

Oversquare Engine, Ini yang Bikin Karakter ADV160 Beda Dari ADV150
Kamis, 14 Juli 2022 12:00
Benny Averdi

Perhatikan spesifikasi mesin dari sebuah motor, pastinya akan tertera diameter x langkah yang ditulis dalam satuan milimeter. Misalkan pada Honda ADV160, ukuran diameter x langkahnya sebesar 60 x 55,5 mm. Meskipun terpaut sedikit, hanya 0,5 mm, tetapi diameter piston lebih besar dibandingkan langkah pistonnya.

"Dari diameter dan langkah itu, ketahuan tipe oversquare, square atau undersquare,” tutur Michael Andries, dari M-Tuning dalam sebuah kesempatan.

   Baca Juga: Tak Perlu Inden Lama, Honda ADV160 Sudah Tersedia di Jakarta-Tangerang

Berdasarkan data spesifikasi tersebut, mesin Honda ADV160 tergolong oversquare engine. Nah, pada karakter overquare ini, tenaga dan torsi lebih besar umumnya berada di putaran menengah serta atas. Sehingga, mesin bisa lebih membuat motor ngacir di putaran tersebut.

Honda ADV160

Sementara, Honda ADV150 memiliki ukuran diameter x langkah 57,3 x 57,9 mm. Dari data ini, dapat terlihat langkahnya lebih besar ketimbang diameter. Ini disebut dengan undersquare engine.

Karakter mesin ini umumnya memiliki tenaga dan torsi di putaran bawah serta menengah. Sehingga, cocok bagi pengendara yang menginginkan ayunan torsi lebih baik untuk stop and go maupun digunakan di jalan menanjak.

Kegiatan Touring Ekspedisi Nusantara 2021 (Honda ADV150 dan CB150R)

   Baca Juga: GALERI: Modifikasi Honda ADV160 Versi Street Sporty

Lantas, apakah ADV150 lebih unggul di tanjakan? Tentunya ketika digunakan, tak semata-mata hanya berdasarkan dari diameter dan langkah saja.

Jika dibandingkan dengan mesin sekelas, bisa jadi unggul. Tetapi jika dibandingkan dengan motor berkapasitas mesin lebih besar, tentu hasilnya akan berbeda.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.