Ini Kelebihan Pakai TPS Racing di Motor Matic, Berapa Harganya?

Ini Kelebihan Pakai TPS Racing di Motor Matic, Berapa Harganya?

 

TPS atau Throttle Position Sensor ibarat otak untuk setiap kendaraan. Bukan tanpa sebab, alat satu ini dapat membaca semua sensor, termasuk tekanan udara. 

Menurut Erwin selaku Punggawa R59, pada motor matic yang sudah menggunakan mesin injeksi, TPS berfungsi untuk membaca per gas kendaraan. Jika dibuka dengan label, akan ada angka 0-100 persen. 

   Baca Juga: Tiga Motor yang Bisa Dijajal Langsung di GIIAS Surabaya 2022

TPS Motor

Nah, bagi Anda yang ingin membuat motor lebih responsif, bisa menggunakan TPS racing (aftermarket) yang banyak dijual di bengkel atau secara online

"TPS racing sama standar itu bedanya pembacaan gas jadi lebih advance atau enggak telat, lebih responsif ketika melakukan dyno tes," kata Erwin kepada OtoRider baru-baru ini. 

   Baca Juga: Jadwal MotoGP Aragon, Spanyol 2022: Marquez Kembali Balapan!

Dari hasil pengalaman Erwin, TPS racing ketika dilakukan tes dyno standar terdapat perubahan daya dari tengah ke atas, tetapi fungsi dari TPS sendiri ibarat otak saja. "Kalau dites itu dari tengah ke atas HP-nya naik bisa 0,2. Ada perubahan dari yang biasa," ucapnya. Soal harga di bengkel, TPS racing dibanderol sekitar Rp 400 ribuan.

TPS Motor

 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id