Ini Risiko Besar yang Terjadi Jika Telat Ganti Oli Mesin Motor

Ini Risiko Besar yang Terjadi Jika Telat Ganti Oli Mesin Motor
Kamis, 1 September 2022 14:30
Gemilang Isromi Nuar

Oli merupakan komponen penting pada motor guna menjaga kelancaran kinerja mesin. Oli sendiri berfungsi sebagai pelumas, pelindung, pembersih, dan pendingin mesin.

Oli yang sudah dipergunakan juga ada masa pakainya. Jika oli mesin tidak diganti secara berkala, tentu sangat berisiko terhadap performa mesin.

Federa Oil

      Baca Juga: Federal Racing Matic, Oli Khusus untuk Skutik 150 cc ke Atas

"Oli jika dipakai makin lama makin menurun kemampuannya. Kalau menurun, kemampuan melumasi itu berkurang,” ujar Rommy Averdy Saat, Federal Oil Brand General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia di Jakarta, Selasa (30/8).

Ia menambahkan, gesekan pada komponen mesin menjadi tinggi. Bila dibiarkan, gesekan yang berlebih ini akan merusak komponen.

"Apalagi jika olinya habis bisa menyebabkan panas. Panas dari gesekan metal ke metal ini, bisa menyebabkan piston rusak atau cylinder liner-nya tergerus," kata Rommy.

Ganti Oli Mesin Motor Sebaiknya Ikuti Hitungan Bulan atau Kilometer?

      Baca Juga: Simak! Ini Ciri-ciri Minyak Rem Motor Sudah Waktunya Diganti

Oleh sebab itu, ia menganjurkan hindari telat ganti oli karena dapat menyebabkan dampak buruk. Selain mengganggu performa, kerusakan pada komponen mesin juga membuat biaya perbaikan menjadi tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.