Jangan Salah! Begini Posisi Tangan yang Benar saat Bawa Motor

Jangan Salah! Begini Posisi Tangan yang Benar saat Bawa Motor
Selasa, 11 Oktober 2022 12:30
Afrizal Abdul Rahman

Posisi tangan saat mengendarai motor ternyata tak bisa sembarangan. Hal ini karena dapat memengaruhi kenyamanan ketika berkendara. Umumnya, ada dua kebiasaan yang kerap dilakukan, seperti posisi tangan lurus dan lebih melebar. Lantas, mana yang direkomendasikan?

   Baca Juga: Awas! Ini Efek Negatif Bubut Derajat Kemiringan Pulley CVT yang Sudah Tipis

"Naik motor apapun, baik matic, sport sebenarnya sama saja posisi tangan agak melebar. Ibarat memeluk bola besar, jadi tangan agak menyiku," kata Muhammad Arief, Trainer Yamaha Riding Academy (YRA) kepada OtoRider.

Yamaha Fazzio Safety Riding

Arief mengatakan posisi tangan yang agak melebar bukan tanpa alasan. Hal tersebut disebabkan tangan bisa mudah untuk mengontrol setang dan ketika tangan lurus bakal lebih sulit. 

"Kedua tangan itu harus ibarat seperti suspensi dan bisa menentukan kenyamanan saat berkendara. Sekaligus mengatur badan yang baik," tambahnya.

   Baca Juga: Ban Motor Retak? Ternyata Ini Penyebabnya

Menurut Arief, badan dan tangan memegang peran penting, khususnya bagi pengendara yang menunggangi motor dengan kapasitas mesin besar. "Pada saat akselerasi badan agak ke depan. Ketika tangan menyiku, rintangan apapun akan mudah dilewati," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.