Amankah Pakai Ban Soft Compound Buat Harian?

Amankah Pakai Ban Soft Compound Buat Harian?

 

Ban jenis soft compound pada umumnya sering digunakan untuk lintasan balap. Namun, kini sedang marak penggunaan ban jenis ini buat dipakai harian. Lantas, amankah ban soft compound jika dipakai harian?

Abdul Malik selaku Service Advisor Rumah Ban Motor menjelaskan penggunaan ban jenis soft compound aman jika dipakai untuk harian. “Aman kalau dipakai harian, tetapi masa pakai ban soft compound kan lebih cepat habis ketimbang ban dengan medium compound,” ucap Abdul Malik saat disambangi OtoRider di Kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

   Baca Juga: Benarkah Kampas Ganda Pantekan Bisa Hilangkan Gredek di Motor Matic?

Perhatikan Hal Ini Ketika Pakai Ban Soft Compound Buat Harian

Menurut Malik, memang keuntungan menggunakan ban ini tentu saja memiliki cengkeraman yang lebih baik, tapi dengan konsekuensi lebih cepat habis. Kalau dari segi perawatan jenis ban soft compound sama saja dengan ban lainnya.

“Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ban regular lain, seperti harus rajin cek tekanan angin, harus sesuai standar. Tapi untuk ban jenis soft compound standar tekanan anginnya harus lebih rendah dari compound lain,” jelas Malik.

Perhatikan Hal Ini Ketika Pakai Ban Soft Compound Buat Harian

Malik menjelaskan semakin lunak compound ban, maka tekanan angin yang ada di dalam lebih cepat panas. Jadi, tekanan angin ban soft compound saat kondisi sudah panas akibat gesekan dengan aspal bisa lebih tinggi dari kondisi masih dingin atau sebelum digunakan.

   Baca Juga: Operasi Zebra 2022 Dimulai, Ini 3 Titik Lokasinya di Jakarta Pusat

"Kondisi ban yang semakin panas akan membuat angin di dalam ban memuai sehingga tekanan angin jadi lebih tinggi," ungkapnya.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id